oleh

Hari ini, KPU Lutra Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub

banner 400x130

MASAMBA,POLiTIKA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Luwu Utara menjadwalkan, akan melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pilgub tingkat kabupaten, di aula Demokrasi KPU Luwu Utara, Kamis (5/7/2018).

“Besok (hari ini, Red) KPUD akan melakukan rapat pleno rekaputulasi hasil penghitungan suara pilgub tingkat kabupaten di aula Demokrasi Kantor KPU Lutra sekitar pukul 09.00 Wita,” kata Ketua KPU Lutra Drs H. Syamsul Bachri melalui WhatsApp nya pada media ini, Rabu (4/7).

Menurut Syamsul Bachri, dalam rapat pleno tersebut yang wajib diundang dan hadir adalah saksi dari 4 pasangan calon tingkat kabupaten dan pihak Panwaslu.

“Mereka ini wajib hadir karena mereka yang berhak mendapatkan berita acaranya. Selebihnya kita akan undang forkopimda plus, bupati atau ketua dewan,” jelasnya.

Untuk jadwal tahapan pleno tingkat kabupaten, H. Syamsul Bachri mengutarakan, akan dilangsungkan selama tiga hari yakni dari tanggal 5-7 Juli.

“Target kita sih selesai satu hari. Setelah itu kita buatkan berita acara untuk dilakukan pleno tingkat provinsi sekira tanggal 9-11 yang mana tugas kita di sini hanya sebatas melakukan rekap untuk penetapannya itu pihak provinsi,” ungkap Ketua KPU Luwu Utara.

Saat ditanya apakah untuk pleno tersebut butuh pengamanan dan penjagaan ekstra ketat dari pihak kepolisian, menurutnya tidak demikian.

“Saya rasa untuk keamanan hanya sebatas penjagaan umum sajalah, karena polisi kan sudah tau perkembangan terakhir seperti apa mengenai pleno ini.Karena sebelumnya untuk pleno tingkat kecamatan yang kita lakukan sudah tidak masalah dan aman-aman saja,” papar Syamsul.
Setelah hajat pilgub terselesaikan masih ada lagi tahapan yang akan dilakukan salah satunya pendaftaran calon legislatif untuk pileg.

“Untuk pileg, tahapannya sudah memasuki pengumuman pendaftaran bakal calon itu sudah mulai dilakukan pada hari ini sampai tanggal 8 Juli dan untuk penyerahan berkas persyaratannya itu pada tanggal 4 hingga 17 Juli,” katanya.

Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi administrasi, perbaikan dan pengumuman. Setelah itu pengumuman DCS. Terakhir ditanggal 28 September pengumuman DCT baru setelah itu dapat dilakukan kampanye,” jelas Ketua KPUD Luwu Utara.(yul)

Komentar

Berita Lainnya