oleh

KPK Terima Uang Pengganti Rp 1 Miliar dari Setnov

banner 400x130

JAKARTA, POLiTIKA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima uang Rp 1,1 miliar lebih dari mantan Ketua DPR, Setya Novanto, sebagai uang pengganti terkait kasus korupsi e-KTP. Pembayaran dilakukan melalui transfer dari rekening Setya ke rekening KPK.

“Jaksa eksekusi melakukan pemindahbukuan dari rekening Setya Novanto ke rekening KPK sebesar Rp 1.116.624.197,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah lewat keterangan tertulis, Kamis (13/9/2018).

Setya divonis bersalah dalam perkara KTP elektronik dan dihukum 15 tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, Setya juga diwajibkan membayar uang pengganti sebanyak 7,3 juta dolar AS.

Baca Juga : Ini Alasan Najwa Tolak Jadi Timses Jokowi-Ma’ruf

 

Febri mengatakan, dari jumlah itu, Setya sudah membayar Rp 5 miliar saat proses penyidikan kasus ini. Setya juga sudah mencicil sebanyak 100 ribu dolar AS setelah dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung.

Febri mengatakan, penyitaan aset dilakukan KPK setelah mendapat surat kuasa dari Setya. Melalui kuasa hukumnya, Setya akan kembali membayar uang pengganti dari penjualan aset dan pemindahbukuan dari rekeningnya ke rekening KPK.

“Sejauh ini Setya Novanto menyatakan akan kooperatif untuk membayar uang pengganti,” kata dia. (aga)

Komentar

Berita Lainnya