oleh

Dinas PUPR Lutra Normalisasi Delta Sungai Rongkong

-Berita, Ragam Info-213 views
banner 400x130

MASAMBA, POLiTIKA – Guna mengantisipasi luapan Sungai Rongkong, dan mencegah terjadinya longsor susulan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang (PUPR) Luwu Utara (Lutra) melakukan normalisasi dengan cara pengerukan delta sungai yang terletak di atas jembatan Sabbang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Utara Suaib Mansur, mengatakan, untuk oprit sudah direncanakan menggunakan sheet pile atau turap pancang sepanjang 150 meter untuk mengamankan jembatan, yang di rencanakan dan dilaksanakan Balai Besar Jalan Nasional yang rencananya dalam tahun ini juga.

“Kita normalkan sungainya dulu dengan melakukan normalisasi aliran sungai melalui pengerukan delta yang ada di atas jembatan,” ucapnya.

Sementara itu, kondisi di lapangan menunjukan kondisi jembatan Sungai Rongkong sangat memprihatinkan akibat kedua ujung jembatan terus digerus air sungai, sebagai akibat tingginya curah hujan beberapa pekan terakhir.

Dijelaskan juga, permohonan Rekomendasi Penanganan Sungai Rongkong yang diajukan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui BPBD Luwu Utara, dalam waktu dekat akan segera diterbitkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ).

Ada tiga titik lokus yang diminta rekomendasi dari pihak balai, yakni; Penanganan pengikisan dampak banjir di Sungai Rongkong Desa Sabbang sebelah barat jembatan Sabbang; Sungai Rongkong di Desa Pengkendekan yang mengikis pemukiman dan akses jalan; serta Sungai Rongkong di desa Beringin Jaya yang mengancam pemukiman, lahan perkebunan, infrastruktur jalan dan jembatan. (yul)

Komentar

Berita Lainnya