Rp 120 M Tersedot Habis di Bansos

Kaban Keuangan Pemkot Manado Jhonly Tamaka, SE

MANADO-Kota Manado termasuk satu-satunya kabupaten/kota di Sulut yang paling pro aktif dalam memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat akibat pandemi covid 19 selang tahun 2020. Bahkan, selama tahun 2020, jumlah bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemkot Manado kepada masyarakat penerima termasuk diantaranya 42 ribu lanjut usia (lansia) mencapai Rp 120 miliar. “Kalau tidak keliru, satu-satunya daerah penyalur bansos terbesar di Sulut selang tahun 2020,” beber Kaban Keuangan Pemkot Manado Jhonly Tamaka, SE.

Menurut Tamaka, penyaluran dana bansos akibat pandemi covid 19di tahun 2020 ini, sudah termasuk dengan kenaikan dana sosial kematian untuk warga kota Manado dari 2,5 juta menjadi 5 juta rupiah. Hanya saja lanjut Tamaka, mengacu pada database pemkot Manado tahun 2019 lalu bahkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah angka kematian di tahun 2020 tidak mengalami kenaikan yang signifikant meskipun berada dalam situasi pandemi. “Tidak ada kenaikan yang terlalu signifikant meskipun tahun 2020 adalah tahun pandemi,” ujar Ketua P/KB GMIM Wilayah Bitung IX ini.

Perkembangan terkini menunjukan, pemkot Manado hingga (30/12) kemarin masih melanjutkan pembayaran dana bansos kepada para lansia di sejumlah kelurahan. Didampingi sejumlah petugas kelurahan, pihak BRI terlihat secara profesional melayani para lansia untuk menerima dana bansos di akhir tahun 2020 ini.(mxi)

banner