Masa Jabatan Penatua & Syamas Tidak Akan Diperpanjang

Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang APP Pdt. DR. Anthonius Dan Sompe, M.Pd.K

MANADO-Wacana terkait masa pelayanan pelsus (Penatua & Syamas) yang terpilih pada periode 2018-2021 akan diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2022 mendatang, langsung ditepis Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang APP Pdt. DR. Anthonius Daan Sompe, M.Pd.K . Menurut Pendeta Sompe, sesuai tata gereja GMIM, masa pelayanan pelsus yang terpilih pada periode 2018-2021 seluruhya akan berakhir pada 31 Desember 2021. “Belum ada perubahan, masih seperti itu,” jawab singkat Sompe.

Belum keluarnya Juklak (petunjuk pelaksanaan) pemilihan pelayan khusus di tahun 2021 serta belum diterimnya draft sosialisasi revisi tata gereja GMIM tahun 2017, memang ikut membingungkan seluruh Penatua dan Syamas yang terpilih pada periode 2018-2021. Alasannya, sesuai tata gereja GMIM tahun 2017, mereka berpendapat bahwa tahun 2021 ini akan segera dilaksanakan pemilihan pelsus yang biasanya jatuh pada bulan Oktober sampai November.

Sebelum tiba pada pelaksanaan pemilihan, seluruh pelsus biasanya sudah menerima Juklak pemilihan yang dikeluarkan langsun oleh BPMS GMIM. Juklak tersebut nantinya akan menjadi rekomendasi bagi BPMJ untuk melaksanakan sejumlah tahapan pemilihan diantaranya, penetapan panitia pemilihan pelayan khusus, pelaksanaan sensus jemaat, pemetaan kolom (jika perlu) dan tahapan lainnya. “Mo sensus jemaat bagaimana, sementara revisi tata gerejanya saja belum kami terima. Saya masih ragu apakah pemilihan pelsus ini bisa dilaksanakan tahun ini atau tidak,” ujar Syamas Kartini Manoppo, salah satu syamas di wilayah Manado Timur II.

Hal yang sama juga disampaikan sejumlah ketua-ketua BPMJ yang merasa kuatir soal jadwal pemilihan pelsus akan dilaksanakan tahun ini. “Kita rasa yanda mungkin no mo beking tahun ini. Singkat sekali itu waktu. Kami sebagai pendeta di jemaat juga harus eksra kerja jika memang harus dilaksanakan tahun ini,” ujar salah satu Pendeta GMIM yang meminta namanya tidak disebutkan dalam pemberitaan.(*)

banner