Bertekad Lahirkan Entrepeneur Muda Sitaro, Ini Rahasia Kaluara

MANADO-Siapapun tidak akan pernah membayangkan sosok Capt. Hein Kaluara, M.Mar ternyata memiliki sejuta ilmu untuk memberdayakan generasi muda di kabupaten Sitaro meskipun dirinya saat ini menetap dan fokus pada pengembangan sejumlah usaha di kota Manado. Dalam bincang-bincang bersama politika news Selasa, (26/01) di salah satu cafe di kawasan mega mas, alumni SMA Negeri 1 Siau Timur ini mengatakan, hampir sebagian besar usaha yang dikelolahnya di kota Manado dan di kabupaten Minut umumnya memberdayakan putra-putri asal tanah kelahiran kabupaten Sitaro. “Saya terpanggil untuk memberdayakan saudara-saudara saya asal Sitaro, untuk menjadi bagian dalam pengembangan usaha saya. Bahkan, saya melatih mereka tidak hanya sekedar menjadi seorang karyawan, tapi bagaimana mengubah pola hidup mereka untuk menjadi seorang entrepeneur,” kata Owner 16 SBY, Cafe & Resto ini.

Salah satu carakter dan mental yang perlahan-lahan harus diubah terhadap generasi muda Sitaro menurut Hian adalah, bagaimana mengubah cara berfikir yang hanya terfokus pada menjadi karyawan atau ASN (Aparatur Sipil Negara) setelah menyelesaikan studi di tingkat SMA maupun perguruan tinggi. “Kita berharap nanti jika kita mampu melahirkan banyak enrepeneur di kabupaten Sitaro, maka secara otomatis akan mendongkrak peningkatan ekonomi lokal, termasuk pertumbuhan ekonomi dari sektor UMKM. “Pertumbuhuan ekonomi lokal membutuhan partipasi aktif dan peran masyarakat. Tanpa peranan masyarakat, maka  ekonomi lokal tidak akan bangkit termasuk bagimana mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan di Sitaro yang masih banyak belum terekspose ke publik,” kata jebolan jurusan Nautika, STIP Jakarta ini.

Sebagai langkah awal, suami tercinta dari Christine Bawole ini mengatakan, meskipun berada di kota Manado, namun dirinya bersama sejumlah almamater SMA Negeri 1 Siau Timur ini sejak awal tahun 2020 sudah membentuk wadah kemanusiaan di Sitaro untuk membantu keluarga almamater SMA Negeri 1 Siau Timur maupun orang lain yang dinilai layak menerima bantuan. “Wadah ini juga sebagai sarana bagi kami untuk melakukan perekrutmen karyawan yang berasal dari putra-putri terbaik asal kabupaten Sitaro,” urai Assisten Bendahara DPD Garda Nasdem kota Manado tersebut.(ms)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − one =

Stay Connected

22,042FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles