Herman Bogar : Kader Nusa Utara Sebaiknya Diposisi Sekkot

BITUNG-Dukungan terhadap sejumlah putra-putri terbaik asal nusa utara untuk bisa menempati jabatan-jabatan strategis di lingkungan pemkot Bitung pasca pilkada serentak tahun 2020 lalu, tidak hanya disampaikan masyarakat ditingkatan akar rumput. Namun, dukungan politik agar Walikota dan wakil Walikota Bitung terpilih dapat memperhatikan ketewakilan nusa utara juga disampaikan sesepuh PDIP kota Bitung Herman Bogar.

Malahan, tokoh masyarakat nusa utara di kota Bitung ini menegaskan agar penghargaan MM-HH tidak hanya terfokus pada jabatan esolon II saja, namun, sudah saatnya Gubernur Sulut Olly Dondokambey maupun Walikota terpilih Mourits Mantiri dan wakil Walikota Bitung terpilih Hengky Hoenandar ikut memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik asal nusa utara untuk menempati jabatan sebagai Sekretaris Daerah. “Kalau hanya jabatan esolon II itu normatif dan sejak dulu memang kader terbaik nusa utara diberikan ruang untuk itu (maksudnya esolon II). Namun, saya sebatas menyampaikan usulan kepada Walikota terpilih sudah saatnya warga nusa utara mendampingi MM-HH dalam kapasitas sebagai sekretaris daerah,” saran Bogar kepada politika news.

Ketua Dewan Adat IKSSAT (Ikatan Kekeluargaan Samgihe, Sitaro dan Talaud) kota Bitung ini juga menegaskan, jika diinventarisir di 14 kabupaten/kota di Sulut, maka akan ditemukan banyak putra-putri terbaik yang mengembang sejumlah jabatan strategis di pemerintahan yang dinilai memenuhi syarat secara administrasi dan berpengalaman untuk mengembang jabatan sebagai sekretaris kota bitung. “Ini kerinduan warga nusa utara. Dan, jika diberikan kesempatan maka ini adalah penghormatan bagi masyarakat nusa utara di kota Bitung,” urai pria asal kampong Makalehi, kecamatan Siau Barat, Sitaro ini.

Lantas, siapa-siapa saja ASN di 14 kabupaten/kota di Sulut yang dinilai layak menempati jabatan yang sebelumnya pernah diembang oleh Drs. Edison Humiang, M.Si tersebut ? Secara spontan, pria yang mengklaim diri sebagai bagian dari pemenangan MM-HH dalam pilwako 09 Desember 2020 lalu ini mengatakan, nama Kaban Kesbangpol Minut Forsman Dandel, M.Si dan Kaban Keuangan Pemkot Manado Jhonly Tamaka, SE dinilai memiliki potensi mewakili warga nusa utara. “Semua tergantung penilaian Gubernur Olly Dondokambey dengan tetap memperhatikan usulan yang disampaikan walikota dan wakil walikota terpilih,” seraya menyebutkan beberapa nama lainnya seperti Frangky Ladi, Heri Benyamin, Give Mose, Tinungki. “Persyaratan administrasi juga wajib diperhatikan, karena ada beberapa ketentuan yang mengatur tentang jabatan sekkot,” kata Bogar.

Meskipun hanya menjadi catatan sejarah, namun, diera pemerintahan walikota Bitung Milton Kansil, putra-ptri terbaik dari nusa utara pernah diberikan kesempatan untuk berkarir di sejumlah jabatan esolon II, III maupun IV. “Kalau tidak keliru, hampir separuh jabatan pemerintahan di era itu diberikan kesempatan kepada kader terbaik dari nusa utara,” ingat Bogar seraya berharap kapabilitas dan profesionalitas wajib diperhatikan dalam mengakomodasi putra-putri terbaik nusa utara.(ms)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × four =

Stay Connected

21,793FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles