Pertimbangan Kebutuhan & Profesionalitas, Tamaka-Dandel Dinilai Layak Pulang Kampung

BITUNG-Ditetapkannya Ir. Mourtis Mantiri, MM dan Hengki Hoenandar sebagai walikota dan wakil walikota terpilih kota Bitung oleh KPUD tidak hanya disambut haru oleh kader dan simpatisan PDIP kota Bitung. Namun, sejumlah harapan juga ikut disampaikan masyarakat Nusa Utara (Sangihe, Sitaro & Talaud) yang menetap di kota yang berjulukan kota Cakalang tersebut.

Selain berharap adanya pemerataan dan percepatan pembangunan di seluruh kecamatan, masyarakat juga berharap Mantiri-Hoenandar ikut memperhatikan putra-putri terbaik asal nusa utara untuk ditempatkan di sejumlah jabatan esolon II, III maupun IV di lingkungan pemkot Bitung. “Harus diakui memang dukungan politik yang dberikan warga nusa utara terhadap- MM-HN dalam pilwako 09 Desember 2020 lalu sangat signifikant. Untuk itu, keterwakilan putra-putri terbaik nusa utara yang dinilai kapabel serta profesional wajib diperhatikan MM-HN,” harap Robby Kubalang, warga nusa utara yang menetap di lingkungan IV, kelurahan Wangurer Timur.

Menurut Kubahang, prosentase jumlah pemilih nusa utara yang mencapai 60,2 persen dari jumlah pemilih kota Bitung dalam pilkada 09 Desember 2020 lalu, ikut menjadi alasan utama perlunya keterwakilan nusa utara di sejumlah pejabat esolon II pasca MM-HN dilantik menjadi walikota dan wakil walikota mendatang. “Silahkan MM-HN menilai mana SDM nusa utara yang dinilai berkompentensi dan bisa masuk masuk kabinat MM-HN mendatang,” tambah Jefri Lumui, warga kelurahan Madidir Unet.

Menurut karyawan di salah satu perusahaan security yang berkantor di kota Manado ini, saat ini terdapat sejumlah pejabat esolon II berdarah nusa utara yang berada di lingkungan pemkot Bitung, pemkab Minut maupun pemkot Manado yang dinilai layak mendamping MM-HN di kabinet mendatang. Sebut saja nama Jhonly Tamaka, SE yang saat ini menduduki jabatan Kaban Keuangan Pemkot Bitung, Forsman (Kuntje) Dandel, M,Si yang saat ini menjabat Kaban Kesbangpol Minut maupun sejumlah wajah-wajah lama di jajaran pemkot Bitung diantaranya, Assisten I pemkot Bitung Frangki Ladi dan Kadis Sosial Give Moses.

Belakangan, nama Kaban Keuangan Pemkot Manado Jhonly Tamaka, SE santer disebut akan menempati salah satu jabatan strategis di pemkot Bitung. Selain merupakan kader nusa utara yang berdomisili di kota Bitung, Tamaka juga merupakan Ketua P/KB GMIM wilayah Bitung IX. Tak hanya itu, pengalaman Tamaka mengelolah keuangan pemkot Manado dimasa Pandemi Covid 19 menjadi referensi pria berdarah Sitaro tersebut untuk masuk kabinet MM-HN.(*)

banner