Setelah Ketua DPRD Sulut, Potret Spesialis Bedah yang Berpeluang Pimpin Sitaro atau Sangihe

MANADO-Nama Ketua DPRD Provinsi Sulut dr. Andi Silangen, SpB KBD dipastikan akan menjadi ‘Polo Dundang’ (kebanggaan,red) dalam pelaksanaan pilkada kabupaten Sangihe dan kabupaten kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang hampir pasti dilaksanakan secara serentak pada tahun 2024 mendatang. Adik kandung Sekretaris Provinsi (Sekprov) Pemprov Sulut Edwin Silangen, SE, M.Si tersebut memiliki peluang besar untuk diusung PDIP mengingat sepak terjang dokter spesialias bedah yang pernah bertugas di RS Siloam Jakarta tersebut, layak diperhitungkan di PDIP selang 4 tahun terakhir ini.

Jika dilihat dari tracck record politik dr Andi selama berada di PDIP, suami tercinta Kadis Sosial pemprov Sulut dr. Rini Tamutuan tersebut tercatat tahun 2017 lalu ikut menerima rekomendasi DPP PDIP untuk bertarung dalam pilkada Sangihe. Waktu itu, dr. Andi berpasangan dengan mantan Bupati Sangihe Drs. HR. Makagansa. Gagal dalam hajatan pilkada Sangihe tahun 2017 lalu, tidak membuat langkah politik alumni fakultas kedokteran Unsrat ini terhenti. Beberapa saat sebelum tercatat sebagai calon anggota legislatif DPR Provinsi Sulut daerah pemilihan Nusa Utara (Sangihe, Sitaro, Talaud) tahun 2019 lalu, dr. Andi ikut menerima penugasan PDIP Sulut untuk menjadi Plt. Ketua DPC PDIP Talaud.

Kerja keras serta konsolidasi politik tanpa henti di kampung halamannya di nusa utara, membuat dr Andi sukses meraih suara sebanyak 25.863, suara terbanyak kedua setelah rekan separtainya Toni Supit, SE, mantan Bupati Kepulauan Sitaro. Hasil pleno KPUD Sulut saat itu, Andi meraih suara yang cukup siginifikant di kabupaten Sangihe dan di kabupaten Sitaro. “Suara dokter Andi juga cukup siginifikant saat pemilu tahun 2019 lalu di Sitaro. Ini menunjukan dokter Andi tidak hanya di terima di Sangihe, tapi juga diterima di Sitaro,” kata Fikson Gandaria, eks tim pemenangan dr. Andi di Sitaro.

Hanya berselang 1 tahun 3 bulan menempati gedung DPRD Provinsi Sulut, dr Andi kembali menjadi salah satu nominator calon ketua DPRD Sulut menggantikan Andre Angouw, yang saat ini memilih mencalonkan diri maju sebagai calon Walikota Manado.

Tanpa menunggu lama, politisi yang juga aktif dalam pelayanan Gereja ini akhirnya ikut ditetapkan DPP PDIP sebagai ketua DPRD Provinsi Sulut menggantikan Andre Angouw. Kini, nama dr. Andi tidak hanya menguat di kabupaten Sangihe, namun belakangan dokter spesialis bedah yang kini sukses meniti karir di dunia politik tersebut, juga dijagokan untuk memimpin kabupaten Sitaro. “Dari kelayakan figur, dokter Andi bukan lagi pendatang baru di kabupaten kepulauan Sitaro, apalagi beliau (dokter Andi) pernah dibesarkan di Siau,” kata Drs. Semy Makahinda, warga kecamatan Siau Barat yang kini berkarir di PT Sinar Mas Manado.

Menurut Semy, dirinya pernah berpapasan dengan dokter Andi dalam suatu acara resepsi pernikahan di Manado, dan kemampuan membangun komunikasi dengan menggunakan bahasa Siau dari dokter Andi sangat luar biasa. “Bukan hanya kemampuan berbahasa Siau, tapi dokter Andi tahu persis sejarah Siau di tempo dulu. Mulai dari tokoh-tokoh masyarakatnya sampai dengan eks pejabat pada waktu itu,” jelas Semy mengenang percakapannya dengan Andi Silangen saat itu.(ms)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two − 2 =

Stay Connected

22,042FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles