Ini Daftar Pejabat Nusa Utara yang Bisa Perkuat Kabinet ODSK

MANADO-Krisis kaderisasi pejabat esolon II, III maupun IV ‘asal’ nusa utara di lingkungan pemprov Sulut jelang masa purna bakti Sekprov Sulut Edwin Silangen, SE, M,Si dan Assisten I Drs. Edison Humiang, M.Si medio tahun ini juga disikapi Ketua Umum IKISST (Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro Talaud) Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si. Wakil Rektor Bidang Akademik Unima di Tondano ini mengatakan, sudah menjadi sebuah kewajiban untuk memperjuangkan warga nusa utara untuk masuk dalam daftar kabinet ODSK. “Harus diperjuangkan dan harus disiapkan nama-nama untuk masuk dalam SKPD,” kata Prof Orbanus, salah satu Guru besar asal nusa utara yang kini menempati jabatan strategis di PTN terbaik di Sulut tersebut.

Manuver politik yang sama juga ternyata sudah dilakukan anggota fraksi Golkar DPRD Sulut Drs. Winsulangi Salindeho awal Januari tahun 2021 lalu. Bahkan, dalam hearing terbuka bersama kepala BKD provinsi Sulut, mantan Sekda Manado itu ikut mempresure kepala BKD agar memperhatikan dan mempriotaskan ASN ‘asal’ nusa utara di sejumlah jabatan strategis di pemprov Sulut termasuk di esolon II, III dan IV. “Dalam dengar pendapat lalu saya sudah ingatkan kepala BKD. Ada beberapa pejabat esolon III yang menurut saya sudah saatnya dipromosikan ke esolon II,” urai Salindeho, mantan birokrat ulung yang sukses menitik karir di dunia politik.

Tidak hanya kepala BKD pemprov Sulut, Bu Winsu (sapaan akrab Salindeho) juga ikut mengingatkan Sekprov Sulut Edwin Silangen untuk memperhatikan prestasi dan promosi ASN ‘asal’ nusa utara di jajaran kabinet ODSK. “Kesimpulan saat itu, dia (Sekprov,red) mengatakan, dia tahu persis mana-mana pejabat asal nusa utara yang sudah waktunya untuk dipromosikan,” ungkap Bu Winsu dalam pesan whats up-nya kepada politika news.

Sementara, sedikitnya terdapat sejumlah pejabat ‘asal’ nusa utara yang dinilai layak melanjutkan Silangen dan Humiang jelang purna bakti medio tahun ini. Mereka diantaranya, Imanuel Makahanap, SH,MH (Sekretaris Disnakertrans Sulut), Forsman Dandel, M.Si (Kaban Kesbangpol Pemkab Minut), Jonly Tamaka, SE (Kaban Keuangan Pemkot Manado), Drs. Umbase Mayuntu (Inspektorat Pemkab Minut), Drs.David Lalandos (Sekda Minahasa Tenggara) dan Marzanzius Ohy, SSTP (Plt Sekda Bolsel). “Mereka adalah  ASN yang kapable serta professional ‘berdarah’ nusa utara dinilai layak berada di kabinet ODSK kedepan,” kata Vicky Gahgana, SH, salah satu lawyer yang berkiprah di Manado asal Manganitu Selatan, kabupaten Sangihe.(ms)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − nine =

Stay Connected

22,077FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles