Penatua GSVL : Sinergitas Sebaiknya Untuk Kesejahtraan & Tanpa Imbalan

MANADO-Pernyataan menarik ikut disampaikan Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Pnt. DR. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si saat memimpin ibadah perdana P/KB GMIM Wilayah Malalalayang Barat, Minggu, 07 Februari 2021 kemarin. Dalam khotbahnya, mantan Penatua ASM jemaat ini mengatakan, tujuan sinergitas yang ditunjukan Imam Ezra dan Raja Arthasasta dalam pembacaan Ezra 7 : 1-28a adalah untuk mensejahterahkan umat Israel tanpa ada imbalan untuk kepentingan pribadi, kelompok maupun bangsa secara keseluruhan.

Iman Esra dan Raja Arthasasta menurut Penatua Lumentut, sepakat untuk melakukan hubungan kerja sama, kolaborasi atau sinergitas dengan satu ketentuan yaitu tunduk dan taat pada Tuhan Allah. “Jadi, sinergitas antara lembaga pemerintah dan gereja sebaiknya harus sesuai dengan ajaran Alkitab, karena baik lembaga pemerintah dan lembaga gereja keduanya dibentuk oleh Tuhan Allah, dan itu sesuai dengan pernyataan Yesus bahwa kepadaKu telah diberikan segala kuasa si sorga dan dibumi,” papar pelsus GMIM yang dipercayakan warga Manado memimpin ibukota provinsi Sulawesi Utara selama 2 periode ini.

“Marilah torang doakan pemerintah dan gereja agar benar-benar bersinergi untuk tujuan kesejahteraan rohani dan jasmani umat secara keseluruhan, bukan saling memanfaatkan karena kepentingan dan jauhkan dari usaha saling menjelekan,”

Dihadapan P/KB GMIM Wilayah Malalayang Barat Lumentut juga menyampaikan alasan kenapa Imam Esra disayangi oleh Raja Arthasasta dalam pemerintahanya bahkan dipakai oleh Tuhan untuk menyampaikan kesaksian dalam pemerintahan Arthasasta saat itu. “Imam Esra dipakai oleh Tuhan karena dia adalah Imam yang meneliti dengan baik taurat Tuhan, melakukannya dan mengajarkannya kepada bangsa Israel pada saat itu. “Marilah torang doakan pemerintah dan gereja agar benar-benar bersinergi untuk tujuan kesejahteraan rohani dan jasmani umat secara keseluruhan, bukan saling memanfaatkan karena kepentingan dan jauhkan dari usaha saling menjelekan,”ajak Penatua Lumentut.

“Selamat melayani untuk teman-teman P/KB GMIM di tahun 2021 ini

Diakhir khotbahnya, pria yang masih menjabat sebagai Walikota Manado sampai 09 Mei 2021 mendatang ini mengingatkan, agar warga GMIM khususnya P/KB GMIM untuk tetap meneladani Imam Ezra untuk tetap menyiapkan waktu untuk berdoa, rajin meneliti dan membaca Alkitab untuk selanjutnya kita ajarkan kepada anak-anak, cucu-cucu bahkan kepada orang lain supaya Tuhan tetap menyayangi kita semua. “Selamat melayani untuk teman-teman P/KB GMIM di tahun 2021 ini,” ajak Lumentut menutup khotbahnya dalam ibadah P/KB Wilayah yang dilaksanakan di jemaat GMIM Bethlehen Malalayang.(ms)

banner