Dari Munas Apeksi, Jokowi Minta Walikota Serius Dalam Penanganan Covid 19

JAKARTA-Pernyataan tegas kembali disampaikan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Walikota se Indonesia yang tergabung dalam Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia). Kepada seluruh walikota saat meresmikan Musyawarah Nasional (Munas) ke VI Kamis, (11/02) hari ini di istana presiden, mantan Walikota Solo tersebut kembali mengingatkan agar seluruh walikota ikut memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tersebut terkait tata cara penanggulangan penyebaran covid 19 di daerah masing-masing. “Perintah Pak Presiden kepada seluruh Walikota se Indonesia agar terus bekerja dalam menghentikan penularan covid 19 di daerah masing-masing,” ucap Walikota Manado DR. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si diselas-sela menghadiri munas Apeksi tersebut.

Mantan Ketua Apeksi tersebut juga mengatakan, seluruh jajaran pemerintah kota se Indonesia wajib mengsosialisasikan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya penerapan 3M dan 3T secara disiplin. “Lalukan lockdown skala mikro ( kelurahan atau RT/RW)  dibantu TNI/Polri, pastikan pembangian masker kepada masyarakat tetap dilaksanakan selama masa pandemi,” beber Lumentut meniru penegasan yang disampaikan langsung Presiden RI ke 7 tersebut.

Tidak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga memastikan agar seluruh walikota se Indonesia tetap melanjutkan pemberian vaksin yang sudah disiapkan pemerintah, serta ikut menyiapkan vaksinator di wilayah masing-masing. “Pak Presiden juga mengingatkan agar manajemen pemberian vaksinasi dapat disiapkan daerah masing-masing. Rencanakan vaksin per kluster yang banyak berinterkasi orang, misalnya pasar dan fasilitas publik lainnya,” urai Lumentut mengutip penagasan yang disampaikan Jokowi tersebut.

Jokowi juga mengingatkan agar seluruh walikota tetap menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta ikut memperbanyak kegiatan padat karya di daerah seperti pembuatan jalan, rehabilitasi gedung serta fasilitas lainnya yang diharapkan dapat membantu ketahanan pangan di daerah masing-masing. “Dari pelaksanaan munas Apeksi di Jakarta, saya menyampaikan salam sehat untuk kita semua jangan lupa menerapkan pola hidup 3 M,” pesan Lumentut.(ms)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × five =

Stay Connected

21,793FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles