Kemendong Cs Nominator Lokon Satu, Ini Skenario Penetapan Pjs Walikota & Sekkot Tomohon

TOMOHON-Teka-teki soal siapa sosok birokrat yang akan ditetapkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE untuk mengisi kekosongan pemerintahan di Tomohon mengingat masa jabatan Walikota Jimmy Eman, SE. Ak dan wakil Walikota Tomohon Sherly A Sompotan akan berakhir Rabu, (17/02) pukul 24.00 hari ini akan berakhir, sampai berita ini ditulis masih belum diketahui.

Namun, sumber politika news yang bisa dipercaya menyebutkan, bisa dipastikan terdapat dua skenario dalam penentuan penjabat Walikota Tomohon, sambil menunggu jadwal pelantikan Walikota Tomohon terpilih dan wakil Walikota Tomohon terpilih yang dijadwalkan akan dilaksanakan 26 Februari 2021 mendatang.

Skenario pertama adalah, untuk mengisi kekosongan pemerintahan pasca pukul 24.00 wita malam nanti, maka bisa dipastikan Plh Sekkot Tomohon saat ini Dolvin Karwur, M.Kes akan ditetapkan menjadi Plh Walikota Tomohon oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE sambil menunggu penetapan Penjabat sementara (Pjs) Walikota Tomohon yang akan bertugas sampai 26 Februari 2021 mendatang. Penetapan Penjabat sementara Walikota Tomohon oleh Gubernur Sulut mengacu pada ketentuan UU. No. 8 tahun 2015.

Sedangkan skenario kedua adalah, hampir dipastikan Plh Walikota Tomohon yang akan bertugas nanti tidak akan lama (bahkan tidak lebih dari sehari) mengingat pemprov Sulut hampir dipastikan sudah menyiapkan nama calon Penjabat sementara Walikota Tomohon, yang nantinya akan bertugas sampai dengan pelantikan Caroll Senduk, SH dan Wenny Lumentut, SE menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif nanti.

Lantas, siapakan sosok yang berpeluang mengunakan mobnas (Mobil Dinas) DB 1 G tersebut untuk sementara waktu ? Nama beberapa beberapa Karo di lingkungan Pemprov Sulut rupanya masuk nominator. Sebut saja nama Karo Pemerintahan DR. Jemmy Kumendong, Karo Hukum Flora Krisen, SH.MH dan Karo Administrasi Pimpinan Drs. Dantje Lantang. Beberapa nama diatas dipastikan akan menutup peluang sejumlah pejabat esolon II di lingkungan pemkot Tomohon yang sebelumnya sudah dinominasikan. Pertanyaan sekarang adalah, apakah ketika Penjabat sementara Walikota Tomohon sudah ditetapkan, apakah Karwur Cs masih masuk nominasi calon Sekkot Tomohon ? “Penetapan pejabat di lingkungan pemerintah daerah, sudah bukan rahasia lagi kalau bukan berurusan dengan kepentingan politik. Semua tergantung selera user tanpa mengabaikan profesionalitas, kompotensi maupun loyalitas pejabat yang dimaksud,” kata Ibrahim (Bam) Tular, tokoh masyarakat kota Tomohon.(jimmy mokoagouw)

banner