Uno Berenang Sejauh 1.054 Meter, Lari Sejauh 5 km, Likupang Layak Tuan Rumah Triathlon Series 2021

LIKUPANG-Kawasan wisata Likupang terpilih menjadi tuan rumah ajang Indonesia Triathlon Series 2021. Demi memastikan kesiapannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hadir di sana dan menjajal langsung fasilitas olahraga di sana. 

Sandiaga mencoba olahraga Aquathlon (renang dan lari) di Likupang yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas. Kegiatan yang berlangsung di kawasan Pantai Paradise ini menjadi bagian dari uji coba pelaksanaan Indonesia Triathlon Indonesia Series yang akan mulai berlangsung bulan ini di berbagai destinasi tanah air.

Ditemani sejumlah atlet dari Kota Manado, Sandiaga melakukan renang di laut sejauh 1.054 meter dan dilanjutkan dengan lari sepanjang 5 kilometer. “Kami baru saja menyelesaikan tryout Mini triathlon Likupang yang merupakan pemanasan untuk rangkaian Indonesia triathlon series yang akan kita kick-off bulan Maret ini di Belitung,” kata Sandiaga, Sabtu, 6 Maret 2021 kemarin.

Dari hasil uji coba yang dia lakukan, Likupang dinilai siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan wisata berbasis olahraga ini (sport tourism). “Ombaknya tadi cukup menantang, menambah sensasi berenang di open water. Tadi di tengah karangnya juga masih sangat alami, sangat bagus. Kita bisa melihat ikan warna-warni yang jadi pemandangan indah bawah laut,” kata Sandiaga.

Indonesia Triathlon Series merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah dan komunitas Indonesia Triathlon. Seri pertama akan dimulai di Belitung pada 13 Maret 2021 dan berlanjut sepanjang tahun di berbagai destinasi tanah air. Diantaranya, di Kendari, Palembang dan Likupang. Untuk pelaksanaan di Likupang rencananya akan dilangsungkan pada Mei 2021.

Dalam pelaksanaannya nanti, Indonesia Triathlon Series, termasuk di Likupang, akan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat mulai dari pembatasan peserta, cek kesehatan, disinfektan peralatan, hingga penerapan konsep travel bubble dalam penanganan peserta.

Kecamatan Likupang Barat dan Likupang Timur memang akan menjadi salah satu kawasan pengembangan wisata bahari di provinsi Sulut. Bahkan, pemerintah pusat telah mencanangkan kawasan ini masuk dalam percepatan ekonomi nasional melalui KEK (Kawasan Ekonomi Khusus). Tanda-tanda percepatan pembangunan KEK di kawasan ini mulai terlihat ketika pemerintah melakukan pelebaran bandara Sam Ratulangi Manado, pembangunan jalan lingkar Likupang serta pertumbuhan UMKN di Sulut.(dita)

banner