Simak Profile Calon Kuat Dewan Direksi PT. Bank SulutGo

MANADO-Wajah-wajah lama di PT. Bank SulutGo rupanya masih akan menduduki jajaran direksi PT Bank Sulut jelang pelaksanaan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang dijadwalkan akan dilaksanakan Kamis, (18/03) esok. RUPS yang rencananya akan dilaksanakan di Tondano, Kabupaten Minahasa. RUPS pertama pasca terpilihnya Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven Kandouw sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Sulut periode 2021-2024 mendatang ini dinilai merupakan momentum penting bagi PT. BSG untuk membangun kerja sama dengan 6 kabupaten/kota lainnya pasca pilkada serentak yang dilaksanakan 09 Desember 2020 lalu.

Jika sebelumnya, PSP (Pemegang Saham Pengendali) yang notabene adalah pihak pemprov Sulut masih terbentur dengan perbedaan sikap dengan beberapa bupati dan walikota yang tidak sejalan karena perbedaan orientasi politik, namun kali ini jajaran Direksi maupun Komisaris akan dimudahkan dalam pengambilan kebijakan perbankan, karena hampir sebagian besar kepala daerah yang notabebe adalah pemegang saham di PT. BSG memiliki kesamaan orientasi. “Kami berharap PT. BSG tetap menjaga kredibiitas sebagai bank daerah, karena apapun alasannya, sepak terjang BSG juga diawasi oleh OJK maupun masyarakat secara keseluruhan,” ucap pengamat perbankan Unrat Stenly Kho Walandouw, SE, M.Si. Ak, CA

Berikut beberapa profile calon kuat Direksi PT. BSG yang diprediksi akan ditetapkan dalam RUPS Kamis, (18/03) esok ;

  1. Dr. Jeffry. J. Wurangian

Nama Jeffry Wurangian tidak asing lagi di jajaran PT. Bank SulutGo. Bahkan, mantan Komisaris Independent BRI ini dikenal sejak tahun 2009 lalu sudah menempati jabatan strategis di PT Bank Sulut, yaitu sebagai Direktur Utama.  Jeffry J. Wurangian merupakan sosok Dirut yang saat itu sukses memboyong dana pihak ketiga non-pemda yang hampir mendekati mendekati porsi 70%. Bahkan, jebolan Oklahoma State University, AS, bermimpi akan menggiring bank Sulut go public. Pengalaman dirinya sebagai Komisaris di BRI ikut menjadi referensi bagi PSP (Pemegang Saham Pengendali) untuk membawah kembali Wurangian menjadi orang nomor satu di bank yang sampai saat ini masih menitik beratkan sumber pendapatan bank dari pemerintah kabupaten/kota di Sulut. Dibawah kendali Wurangian, PSP berharap, PT. BSG akan mampu menempatkan diri sejajar dengan bank-bank konvensional lainnya seperti BNI, BRI maupun Bank Mandiri.

Dimata masyarakat Sulut, nama Jefrry Wurangian tidak hanya dikenal sebagai bankir, namun mantan Dirut PT. BSG yang sukses menaikan laba bank Sulut menjadi 100 persen ditahun 2010 tersebut juga merupakan eks fungsionaris partai Nasdem. Ditahun 2014, Wurangian pernah tercatat sebagai salah satu fungsionaris DPP Partai Nasdem. Namun, hanya beberapa saat lamanya di DPP Nasdem, Wurangian kemudian ditugaskan untuk menempati jabatan salah satu Komiaris di BRI. Tidak bertahan lama di Nasdem, nama Jeffry Wurangian kemudian muncul sebagai calon anggota DPR RI dapil Sulut dari PDIP dalam pemilu tahun 2019 lalu.

  • Macmud Turuis, SE

Status Machmud Turuis hampir sama dengan Jeffry Wurangian. Turuis selama ini dikenal sebagai pejabat karir di PT. BSG yang memulai karirnya dari karyawan pemasaran, Kepala Cabang, Pimpinan Divisi Umum hingga dalam RUPS akhir tahun 2017 lalu, diangkat menjadi Dewan Direksi. Selain dinilai merupakan keterwakilan Nusa Utara dan Gorontalo, Turuis juga merupakan satu-satunya Dewan Direksi keterwakilan umat muslim, Ketua DPW Syarikat Islam (SI) Provinsi Sulut ini sebelum menempati jabatan Direktur Pemasaranan, sebelumnya pernah menempati jabatan Direktur Kepatutan dan Kelayakan di PT BSG. Mantan Kacab BSG Tahuna ini dikenal sebagai Dirpem yang piawai dalam menggarap pendapatan bank yang bersumber dari DPK (Dana Pihak Ketiga).

  • Joubert Dondokambey

Mantan pejabat karir di PT. Bank Mandiri ini bukan termasuk new commer di PT. Bank SulutGo. Beto, sapaan akrab Dondokambey merupakan calon Direksi yang mengawali karirnya dari karyawan biasa hingga saat ini menempati jabatan sebagai Pimpinan Divisi Umum PT. BSG sejak 5 tahun lalu, menggantikan Macmud Turuis yang saat itu dipromosi menjadi Dewan Direksi. Selain memiliki hubungan emosional yang kuat dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, Beto juga merupakan pejabat karir yang prestasinya patut dhitung dalam menjadi bank Sulut menjadi unggul serta berdaya saing. Tak heran, suami tercinta dari anggota Fraksi PDIP DPRD Minut Vonny Rumimpunu ini dinilai layak menempati jabatan salah satu Direksi di PT. BSG.

Sesuai informasi yang diterima politika news, RUPS besok akan dihadiri oleh seluruh pemegang saham, termasuk kepala daerah hasil pilkada Desember 2020 lalu.(maxi)

banner