Deretan Pengusaha & Birokrat Asli Sitaro, yang Siap Unjuk Gigi di Pilkada 2024

SIAU-Terpilihnya beberapa kepala daerah dan wakil kepala daerah dari unsur milenial seperti Walikota Solo Gibran Rakabuming di usia 32 tahun dan Bupati Samosir Vandiko Gultom usia 28 tahun, rupanya ikut mendorong kaum milenial di kabupaten Sitaro (Siau Tagulandang Biaro) untuk bertarung dalam pilkada serentak tahun 2024 mendatang. Nama-nama  putra-putri Sitaro yang kini sukses berkiprah di tanah orang seperti Rizal Kabuhung, S.Sos, Reynol Tumbio, SE dan Damsus Antameng kini diajak untuk pulang kampung membangun bumi Karangetang-Mandolokang-Kolo-kolo (sebutan untuk kabupaten Sitaro,red) tersebut.

Rizal Kabuhung, S.Sos, MAP belakangan adalah salah satu pejabat penting di BPKAD Pemkab Nabire. Pengalamannya dalam menggarap potensi pendapatan asli daerah di kabupaten yang terkenal dengan kandungan emas terbaik di Papua tersebut, membuat putra asli Siau Timur Selatan ini ikut dipakai oleh Bupati dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Nabire.

Selain nama Kabuhung, dua kaum milenial yang kini sukses menempatkan diri sebagai Pengusaha tambang Nikel di Kendari Sulawesi Tenggara adalah, Damsus Antameng dan Reynol Tumbio. Bahkan, baik Antameng maupun Tumbio kini disebut-sebut sebagai Pengusaha non putra asli yang namanya mulai dikenal di provinsi yang kini menjadi epicentrum nikel dunia tersebut.

Sebelum bertolak ke Kendari, Tumbio juga termasuk orang lama yang sudah berkecimpun di dunia politik, meskipun usianya masih tergolong milenial. Sebelum menjadi fungsionaris DPC PDIP Sitaro, orang dekat bekas Bupati Sitaro Toni Supit ini, pernah juga menjabat Bendahara DPD II Partai Golkar Sitaro. Dalam referensi politika news, Reynol termasuk satu-satunya striker utama yang beberapa kali memuluskan kakak kandungnya Juana Tumbio, SE menjadi anggota DPRD Sitaro. Mulai dari pemilu 2009 (Barnas), 2014 (PAN) dan di 2019 terpilih menjadi anggota DPRD Sitaro dari PDIP. “Tidak ada yang bisa melarang mereka untuk bertarung di 2024, karena mereka memang putra terbaik asli Sitaro, yang kemungkinan siap bertarung di 2024. Ada banyak parameter yang membuktikan bahwa mereka siap bertarung,” kata mantan Sekretaris Partai Golkar Sitaro Judi Saerang, SH.(jemmy)

banner