Di Injuritime, Lumentut Jadikan Manado Baramoter Penerapan eTLE di Sulawesi

MANADO-Tidak semua kepala daerah di Sulut bahkan di Indonesia mampu menorehkan prestasi kerja di momentum injuritime masa jabatan pemerintahan. Namun, di penghujung memimpin kota Manado selama hampir 2 periode berturut-turut ini, Walikota Manado Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si justru ikut menerima sejumlah reward dari pemerintah pusat termasuk Selasa, (23/03) kemarin ikut menerima penghargaan dari Kapolda Sulut Irjen. Pol. Nana Sudjana atas prestasi dari GS Vicky Lumentut yang dinilai sukses dalam pengembangan tekonologi informasi dan komunikasi yang menjadi sarana pengembangan eTLE saat ini.

Selain eTLE merupakan program prioritas 100 hari kerja Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo, kehadiran eTLE diharapkan akan mampu mendongkrak peningkatan Pendapatan Asli Daera kota Manado yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor. “Puji Tuhan, kota Manado menjadi bagian dari 12 Polda di Indonesia yang masuk kloter pertama dari 34 Polda se Indonesia dalam pelaksanaan program eTLE. Pemerintah kota ikut memberikan dukungan penuh kepada Direktorat Polda Sulut melalui sarana Cerdas Command Center,” jelas Walikota Manado Dr. GS Vicky Lumentut saat menghadiri acara launching eTLE Polda Sulut Selasa, (23/02) kemarin yang dilaksanakan di aula catur prasetya.

Walikota Manado bersama jajaran Direktorat Lantas Polda Sulut.(ist)

Ketua P/KB Sinode GMIM ini mengajak masyarakat kota Manado untuk tetap mendisiplinkan diri untuk tertib lalu-lintas dengan cara mentaati semua peraturan lallintas. “Saya juga mengajak masyarakat kota Manado untuk tetap menanamkan sadar membayar pajak kendaraan bermotor menuju Manado kota smart city. Saya optimis kita bisa melaksanakan program ini, karena di Sulawesi, baru kota Makassar dan kota Manado. Bravo Polda Sulut,” pesan Lumentut, walikota Manado yang dikenal sukses menjaga kemitraan bersama jajaran Forkopimda Manado termasuk jajaran Polda Sulut.

Kota Manado memang termasuk salah satu kota di Indonesia yang sukses melakukan pengembangan IT melalui pemasangan 17 kamera CCTV berbasis ANPR (Automatic Number Plate Recognation) dari 117 kamera CCTV milik Pemerintah Kota Manado. Selain kamera CCTV berbasis ANPR, melalui Cerdas Command Center kota Manado juga memiliki server, kamera, dan aplikasi eTLE serta sumber daya TIK Pemerintahan di tersendiri yang jauh hari sebelumnya sudah disiapkan Walikota GS Vicky Lumentut untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. “Secara khusus 11 titik kamera eTLE dengan 1 kamera check point dan 10 kamera ANPR lainnya dioperasikan di Cerdas Command Center dan disajikan dashboardnya di RTMC Polda Sulut,” tambah Koordinator CCC Frangki Mokodompis, S.Sos.

Mantan Sekretaris Umum Komisi Pemuda GMIM ini mengatakan, pihaknya ikut bersyukur karena melalui Kasubdit Gakkum Kompol Roy Tambayong yang hampir setiap hari berada dilapangan untuk melakukan koordinasi serta terobosan guna suksesnya program tersebut, termasuk ikut memboyong teknisi dan programmer eTLE dari Jakarta untuk berkolaborasi dengan pengelola TIK pemkot Manado di Cerdas Command Center pada 2 pekan lalu.(dita)

banner