Dihadapan DPRD Manado, Direksi & Karyawan Beber Kinerja Dirut PD Pasar Manado

MANADO-Berbagai terobosan penting yang dilakukan Dirut PD. Pasar Manado Jootje Rumondor, SE tidak hanya mendapat apresiasi dari jajaran Perusahan Daerah plat merah milik pemkot Manado tersebut. Namun, langklah efektif dan effisen yang dilakukan Rumondor ikut disuport sejumlah anggota DPRD Manado yang sejak awal menilai kebijakan strategis Rumondor adalah normatif di lingkungan perusahaan daerah. “Mari kita berikan kesempatan kepada Dirut yang baru untuk melakukan langkah-langkah strategis, karena ibarat acara makan, Rumondor sementara mencuci piring,” ucap anggota Fraksi Golkar DPRD Manado Iwan Marlian, dalam rapat dengar pendapat bersama PD Pasar Manado Selasa, (20/04) hari ini.

Bukan hanya Marlian, Direktur Operasional PD. Pasar Manado J Katune juga tanpa malu-malu dihadapan DPRD kota Manado ikut membeberkan kinerja Rumondor selama 10 hari memimpin PD. Pasar Manado. “Baru sekarang saya diberikan tupoksi yang sebenarnya, yang sama sekali tidak pernah saya dapatkan pada Direksi yang sebelumnya,” beber Katune yang ikut mendampingi Rumondor dalam RDP hari ini.

Menurut Katune, karena kewenangan sesuai tupoksi diberikan kepada dirinya sebagai Direktur Operasional (Dirops), maka capaian pendapatan retribusi meningkat 20 persen dari sebelumnya. “Ini karena Dirut saat ini menghargai jabatan saya sebagai direktur. Saya diberikan pulpen dan SOP untuk berprestasi di PD Pasar Manado,” urai Katune polos dihadapan politisi lintas partai yang berkantor di samping kantor walikota Manado tersebut.

Sebelumnya, Oceng (sapaan familiar Rumondor) ikut memangkas besaran gaji direksi yang jumlahnya mencapai Rp 16 juta per masing-masing orang.  “Keputusan ini mulai berlaku bulan ini. Saya sudah sampaikan ke jajaran direksi dalam rapat direksi hari ini (Kemarin, maksudnya) dan semua direksi menerima dengan senang hati,” beber Rumondor. Dalam penilain Oceng, untuk menciptakan likuiditas keuangan perusahaan yang sehat, maka salah satu kebijakan yang wajib dilakukan direksi adalah dengan melakukan penghematan belanja yang dinilai terlalu besar, sementara pendapatan perusahaan statis atau tetap. “Mau tidak mau, jajaran direksi wajib memberikan contoh kepada karyawan perusahaan. Keputusan ini kami tetapkan secara bersama-sama dengan menggunakan kajian dan telaah yang masuk akal, bukan sebatas gebrakan cari muka jajaran direksi kepada pimpinan atau masyarakat kota Manado,” ucap Rumondor yang juga salah satu pelayan khusus di GMIM Kharisma Buha yang kini berdomisili di Perumahan GPI.

Tidak hanya melakukan pemangkasan belanja gaji 4 direksi, namun, Rumondor juga ikut memutuskan bahwa pihaknya April ini akan membayar THR karyawan muslim dan karyawan Kristen yang tidak sempat terbayarkan tahun 2020 lalu. “Ini merupakan hak karyawan yang wajib diperhatikan perusahaan. Hanya saja, pembayaran THR nanti akan dilakukan H-7 atau sebelumnya, sesuai dengan himbauan pemerintah sebelum pelaksanaan mendekati hari raya idul fitri tahun ini,” urai Rumondor.

Setelah melakukan pembayaran THR karyawan tahun 2020 lalu, pada minggu berjalan ini pihaknya juga akan segera merealisasikan pembayaran gaji karyawan PD. Pasar Manado bulan Februari 2021 yang belum sempat dibayar direksi sebelumnya. “Sedangkan gaji bulan Maret 2021, nanti akan dibayar pada minggu ke 3 atau ke 4 bulan April ini. Saya bermohon karyawan PD Pasar Manado bersabar, tidak perlu ada demo, semua fokus saja pada pembenahan sesuai tupoksi masing-masing. Dan berulang kali saya sampaikan bahwa, mereka yang tidak mau berada dalam sistim, sekali lagi saya sampaikan permohonan maaf jika ada sanksi dari direksi,” tegas Rumondor.

Rumondor tercatat sebagai salah satu Direktur Utama PD Pasar Manado, yang ikut melakukan gebrakan luar biasa terhadap manajemen perusahaan. Konon, belum dua pekan dilantik menjadi perusahaan daerah plat merah milik pemkot Manado tersebut, Rumondor sudah melakukan kebijakan strategis yang tidak pernah dilakukan jajaran direksi sebelumnya, termasuk masalah prinsip yakni pemangkasan belanja gaji dan rasionalisasi karyawan. “Kami salut dengan kebijakan Direksi saat ini, mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Rumondor, PD Pasar Manado akan terus berbenah menuju perusahaan daerah yang benefit.

Rumondor bersama jajarannya ikut diundang di DPRD Kota Manado hari ini bersama mantan Dirut PD Pasar sebelumnya Stenly Suwuh serta beberapa orang terkait lainnya, atas pengaduan yang disampaikan terkait pergantian Dirut PD Pasar Manado serta berbagai kebijakan yang dilakukan Dirut PD Pasar saat ini Jootje Rumondor, SE.(dita)

banner