Dua Balon Ketua P/KB Sinode GMIM Ini Mengemuka, Ini Catatan Penting Tentang Mereka

MANADO-Meskipun tahapan pemilihan BIPRA Jemaat nanti akan dilaksanakan 19 Oktober 2021 mendatang, namun, nama dua kepala daerah ini mulai dielus untuk memimpin P/KB Sinode GMIM, salah satu Kompelka BIPRA bergengsi di GMIM untuk masa jabatan 2022-2027 mendatang. Dua nama yang dimaksud masing-masing, Ketua P/KB GMIM saat ini yakni Pnt. Dr. GS Vicky Lumentut, SH yang kini masih menjabat sebagai walikota Manado dan Pnt. Ir. Mourits Mantiri, MM yang juga walikota Bitung periode 2021-2024.

Baik Lumentut maupun Mantiri, keduanya tercatat bukan lagi termasuk pendatang baru di lingkungan pelayanan GMIM. Keduanya dikenal sejak lama telah menyandang sebagai Penatua, meskipun diaras pelayanan yang berbeda. Pnt. Ir Mourits Mantiri selama ini dikenal sebagai Penatua di kolom, sedangkan Pnt. GS Lumentut dikenal lama berkecimpun di pelayanan Kompelka Bapak Jemaat. Hilangnya ex officio BIPRA dalam keanggotaan badan pekerja disemua aras pelayanan, ternyata tidak mengurungkan niat warga P/KB GMIM untuk berlomba-lomba merebut Ketua P/KB Sinode GMIM tersebut. Berikut catatan menarik tentang Pnt GS Lumentut & Pnt. Mourits Mantiri jelang pelaksanaan pemilihan Kategorial Sinode yang dijadawalkan akan dilaksanakan 25 Februari 2022 mendatang ;

  1. Pnt. Dr. GS. Vicky Lumentut, SH, M.Si

Pnt. GS Vicky Lumentut termasuk salah satu Ketua Kompelka BIPRA Sinode GMIM yang sukses memimpin P/KB GMIM, meskipun seluruh penjabaran program tahun 2020 dan tahun 2021 terbentur dengan pandemic covid 19 yang melanda seluruh jemaat, wilayah maupu sinode. Dibawah kepemimpinan Pnt. GSVL, sejumlah program unggulan P/KB GMIM seperti pembentukan dan pelantikan pengurus Panji Josua di seluruh jemaat, berjalan dengan baik.

Selama memimpin P/KB Sinode GMIM, GSVL intens melakukan tatap muka dengan seluruh P/KB jemaat se GMIM termasuk P/KB taraf wilayah. Tak heran, nama mantan Penatua ASM (Anak Sekolah Minggu) jemaat Perak Sorong ini, masih cukup dicintai dikalangan P/KB Sinode GMIM. Hanya saja, belum beruntungnya Prof. Dr. Juleyta Paulina Runtuwene yang notabene adalah istri Pnt. GSVL dalam pilwako Manado 09 Desember 2020 lalu, harus diakui menjadi salah satu tantangan berat bagi Pnt. GSVL untuk menyakinkan P/KB jemaat dalam pemilihan P/KB Sinode yang akan dilaksanakan 22 Februari 2022 mendatang tersebut.

  • Pnt. Ir. Mourits Mantiri, MM

Untuk bisa masuk nominasi sebagai calon Ketua P/KB Sinode GMIM, Pnt. Ir. Mourits Mantiri, MM harus terpilih dalam pemilihan BIPRA jemaat yang akan dilaksanakan minggu, 17 Oktober 2021 mendatang. Namun, meskipun lama berkecimpun sebagai Penatua kolom ini, namun, nama mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bitung ini sudah tak asing lagi bagi warga P/KB GMIM khususnya rayon Bitung. Tak keran, meskipun turun dalam kapasitas sebagai walikota Bitung dengan menggunakan atribut lengkap sebagai kepala daerah, namun umumnya masyarakat kota Bitung masih menyapanya Pena (Maksudnya, Penatua Mourits Mantiri) ketimbang harus menyapanya pak walikota.

Meskipun namanya termasuk baru di P/KB GMIM, namun kekuatan politik PDIP yang sukses meraih kemenangan telak di seluruh wilayah pelayanan GMIM (Minahasa, Minut, Mitra, Manado, Minsel, Tomohon serta Bitung) dalam pilkada serentak Desember 2020 lalu, patut menjadi hitungan kubu Pnt. GS Lumentut dalam pemilihan BIPRA Sinode yang akan dilakukan secara serentak tersebut. Selamat melayani…(ms)

banner