Ada Mourits Mantiri, Nama-nama Sohor Ini Ramaikan Bursa Ketum Bamukisst

MANADO-Nama Walikota Bitung Ir. Mourits Mantiri, MM dan Ketua DPRD Provinsi Sulut dr. Andi Silangen ikut menjadi nominasi utama untuk memimpin PB Bamukisst (Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro Talaud) pasca Ketum PB Bamukisst saat ini Edwin Silangen, SE memilih untuk menyatakan konsentrasi sebagai Komisaris Utama (Komut) PT. Bank SulutGo.

Kehadiran Mantiri maupun Silangen di PB. Bamukisst diharapkan akan mampu menata kembali organisasi adat dan budaya yang selama 1 dekade terakhir ini dinilai mati suri. Pengalaman Mantiri yang ikut memback up berbagai organisasi berbasis Nusa Utara di kota Bitung seperti IKSSAT, dinilai menjadi modal utama bagi walikota Bitung kedua berdarah Sitaro, setelah almarhum Milton Kansil. “Kita butuh pemimpin yang tidak menciptkan kesenjangan atau gap antara masyarakat Nusa Utara dengan dirinya, pemimpin merakyat, bukan pemimpin yang sulit ditemui maupun dihubungi oleh masyarakat,” kata Ketua Forum Petani Peduli sangihe Roni Tamusa.

Menurut Tamusa, syarat utama untuk menjadi Ketum PB Bamukisst diera digital saat ini adalah, calon pemimpin yang benar-benar merakyat dengan warga Nusa Utara. Bukan sebaliknya pemimpin yang nanti merakyat, jika ada kepentingan pilkada maupun pemilihan legislatif. Kita butuh reformasi total terhadap kepengurusan Bamukisst yang sejak tahun 1980-an menjadi kembanggan warga nusa utara yang berdiaspora di Sulut,” saran Tamusa.

Selain beberapa kriteria hal diatas, calon kepengurusan PB Bamukisst kedepan juga sebaiknya harus bebas dari para pensiunan PNS serta aktifis yang kinerjanya kurang maksimal selama ini. “Untuk apa menampung puluhan unsur penasehat, pembina, wakil ketua, wakil sekretaris, sementara mereka sama sekali tidak pernah menampakan diri maupun melibatkan diri di organisasi. Malu, organisasi sebesar ini hanya menciplak nama besar seseorang tanpa melalui konfirmasi dari yang bersangkutan,” tandas Ebol, sapaan akrab salah satu aktifis kepemudaan di kabupaten Sangihe ini.

Sesuai rencana, PB Bamukisst dijadwalkan akan melaksanakan diskusi terbatas sekaligus akan melaksanakan Mubes akhir Mei ini di kabupaten Sangihe. Diskusi terbatas rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pemuda & Olahraga Zainudin Amali, sekaligus akan tampil sebagai keynote speak. Selain masalah kepemudaan, masalah perbatasan akan menjadi central issue yang nantinya akan dikupas habis oleh pentolan partai golkar tersebut.Selain nama Walikota Bitung Ir. Mourits Mantiri, sejumlah nama juga dinilai layak untuk memimpin PB Bamukisst diantaranya, nama Bupati Talaud Elly Lasut, Bupati Sangihe Jabes Gahgana, mantan Bupati Sitaro Toni Supit, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE, mantan wakil walikota Manado Mor Bastian serta mantan Bupati Sangihe Drs. Winsulangi Salindeho.(dita)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + 3 =

Stay Connected

22,077FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles