Apindo Desak Kinerja Direksi PD. Pasar Manado Dievaluasi, Saerang : Saatnya Dilakukan Pergantian

MANADO-Sejumlah masalah krusial masih saja melanda PD. Pasar Manado. Selain diperhadapkan pada bongkar pasang jajaran Direksi dinjuritime masa kepemimpinan mantan Walikota Manado Dr. GS. Vicky Lumentut, perusahaan daerah berplat merah tersebut konon memiliki hutang warisan sebear Rp 1. milyar ke pihak ketiga yang sampai saat ini masih menjadi polemik diinternal Direksi PD. Pasar Manado.

Uniknya, H-2 jelang pelantikan Walikota Manado Andre Angouw dan wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang, mendadak terjadi pergantian salah satu Direktur PD. Pasar Manado yakni Direktur Operasional, yang belakangan dijabat oleh salah satu kader partai Golkar kota Manado. Menariknya, pergantian Direktur tersebut tidak diketahui oleh Dewas Pengawas, sebagai perwakilan KPM (Kuasa Pemilik Modal).

Melihat fenomena tidak sehat di PD Pasar Manado, Sekretaris DPD Apindo (Assosiasi Pengusaha Indonesia) Provinsi Sulut Judi Saerang, SH mengatakan, sudah saatnya dilakukan audit internal di PD Pasar Manado pasca serah terima dari mantan Dirut PD. Pasar sebelumnya ke Dirut PD. Pasar saat ini. “Perlu dilakukan audit, meskipun saya tahu pihak Kejaksaan saat ini sementara intens melakukan pemeriksaan terhadap jajaran Direksi. Sesuai PP. No. 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, PD Pasar Manado harus transparan & akuntabel dalam pengelolaan perusahaan,” kata Saerang yang juga mantan Ketua DPD KNPI Kota Manado ini.

Transparansi menurut Saerang yaitu, manajemen harus terbuka soal ikatan kontrak (Sewa-Menyewa) yang dilakukan PD Pasar Manado dengan pihak ketiga diantaranya sewa ruko, sewa kios, dan sewa jasa lainnya. Karena cash flow di PD. Pasar Manado itu berlangsung setiap hari, maka, prinsip akuntabel perlu dilakukan. Dalam situasi seperti ini sangat berpotensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” beber mantan Ketua Pemuda GMIM Wilayah Manado Utara tersebut.

Untuk itu pihaknya menyarakan kepada Walikota Manado Andre Angouw dan wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang untuk segera melakukan kajian dan evaluasi terhadap kinerja jajaran Direksi PD. Pasar Manado, yang notabene merupakan produk mantan walikota sebelumnya. “Perlu dilakukan evaluasi, kalau memang sudah saatnya ada penyegaran, kenapa tidak dilakukan sekarang untuk menghindari terjadinya kecemburuan dari kader-kader partai yang dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menempati jabatan tersebut,” pesan mantan Relawan ODSK, yang ikut berperan dalam memenangkan pasangan AARS di pilwako Manado Desember 2020 lalu.(jemmy)

banner