Jajaki Gunung TPA Sumompo, Ini yang Dilakukan Walikota AA di Idul Fitri Hari Kedua

MANADO-Meskipun masih dalam suasana perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H, namun, sikap cepat dan tepat langsung dilakukan Walikota Manado Andre Angouw guna penyelesaian persoalan penumpukan sampah di lokasi TPA Sumompo. Tak heran, dihari kedua perayaan Idul Fitri kali ini, ikut dimanfaatkan oleh mantan Ketua DPRD Sulut ini dengan meninjau langsung TPA Sumompo. Selain melakukan dialog dengan sejumlah petugas kebersihan di lokasi TPA Sumompo, AA (sapaan akrab Angouw) ikut juga membaur di pondok-pondok kecil yang berada di lokasi TPA yang selama ini dijadikan sebagai rumah tinggal para petugas.

Menariknya, merasa penasaran dengan tumpukan sampah yang ada, Walikota Manado AA ikut menapaki bagian paling tinggi dari tumpukan sampah yang ada di lokasi TPA Sumompo. Bahkan, Bendahara DPD PDIP Sulut ini tak tanggung-tanggung ikut menaiki eksavator yang selama ini dijadikan sebagai alat berat untuk mengatasi persoalan sampah di lokasi tersebut. Lengkap dengan menggunakan sepatu boots, AA sesekali ikut memberikan arahan kepada petugas terkait cara pengelolaan sampah.

Tanpa merasa jijik karena aroma bau busuk yang berasal dari tumpukan sampak yang hanya berjarak beberapa meter dari pemondokan para petugas sampah, walikota Manado pertama yang berasal dari PDIP tersebut, terlihat menyatu bahkan sesekali ikut berselfi ria dengan asyarakat setempat, termasuk jajaran PD. Pasar Manado yang ikut diwakili oleh Kabag kebersihan Jun Kaparang. “Pak Wali sendiri ikut memberikan sejumlah arahan, karena harus diakui juga bahwa, pasar merupakan salah satu pemasok sampah terbanyak di TPA Sumompo,” jelas Kaparang disela-sela mendampingi walikota AA dalam kunjungan hari ini.

Lanjut Kaparang, meskipun TPA Sumompo saat ini sudah tidak memenuhi syarat lagi untuk dijadikan lokasi TPA, namun, pihaknya terus mendukung program walikota Manado Andre Angouw untuk menjadikan kota Manado, sebagai salah satu pintu masuk wisatawan karena kebersihannya, sesuai dengan misi dan visi walikota dan wakil walikota Manado. “Kami akan all out guna menciptakan pasar Manado yang bebas sampah,” kata Kaparang penuh optimis.

Sementara itu, DPD Apindo Sulut ikut memberikan apresiasi terhadap langkah cepat yang dilakukan Walikota Manado Andre Angouw guna penyelasaian masalah sampah di kota Manado. “Kami salut karena Walikota langsung turun ke lokasi. Masalah kebersihan ikut menjadi salah satu indikator betah-tidaknya para pengusaha untuk berinvestasi. Kami berharap, secepatnya ada solusi terhadap persoalan TPA di kota Manado. Saya yakin di bawah AA-RS, persoalan TPA akan teselesaikan dalam waktu secepatnya,” cetus Sekretaris DPD Apindo Sulut Judi Saerang, SH.(dita)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + eighteen =

Stay Connected

22,077FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles