Soal Seleksi Direksi BUMD, Manado Banyak Belajar ke Mourits Mantiri

MANADO-Pemkot Manado semestinya harus belajar ke pemkot Bitung terkait dengan rekrutmen dan penetapan dewan direksi BUMD yang ikut melakukan pendekatan seleksi terbuka. Pelaksanaan seleksi terbuka terhadap jabatan dewan direksi perlu dilakukan Walikota Manado Andre Angouw dan wakil Walikota dr. Richard Sualang, untuk menghindari benturan kepentingan serta dalam rangka menempatkan orang-orang yang benar-benar profesionalitas dalam mengelolah PD. Pasar Manado.

Pengamat kebijakan publik Fekon Unsrat Stenly Kho Walandouw, SE. Ak. M.Si. CA. kepada politika news mengatakan, proses seleksi terbuka merupakan salah satu pendekatan untuk memferifikasi calon direksi PD. Pasar Manado yang benar-benar profesional, kredibel serta memiliki integritas dalam menjalankan perusahaan daerah serta misi dan visi walikota dan wakil walikota Manado. “Jika pendaftaran dibuka secara umum dengan mencatumkan sejumlah ketentuan teknis, maka saya optimis, walikota dan wakil walikota akan mendapatkan warga kota Manado yang layak untuk memimpin perusahaan daerah non kontribusi PAD tersebut,” jelas Walandouw yang juga staf pengajar di Fekon Unsrat.

Setelah proses pendaftaran dilakukan, maka selanjutnya pemkot Manado atau panitia yang dibentuk melakukan verifikasi terhadap berkas calon direksi dengan melihat kebutuhan PD. Pasar saat ini. “Kebutuhan yang dimaksudkan adalah, apakan kriteria calon direksi nanti haruslah berlatar-belakang pendidikan SMA, S1 atau S2 dan memiliki pengalaman menempati jabatan direksi di sejumlah perusahaan swasta lainnya atau tidak,” urai Walandouw yang juga pelsus di GMIM Teling, Manado.

Kandidat Doktor ini juga mengatakan, setelah melakukan verifikasi berkas, selanjutnya pemkot maupun panitia nantinya akan melakukan sejumlah tahapan tes seperti tes wawasan kebangsaaan, tes psikologi, tes akdemik maupun tes lainnya yang berhubungan dengan kecakapan calon direksi termasuk proposal calon direksi soal pengembangan PD. Pasar kedepan. “Sebaiknya dibentuk panitia seleksi yang nantinya merupakan kolaborasi antara ASN maupun pihak luar lainnya,” saran mantan Ketua Panwaslu (Kini Bawaslu) Manado ini.

Sementara itu, Sekretaris DPD Apindo Sulut Judi Saerang, SH mengatakan, dalam proses seleksi terbuka calon direksi PD. Pasar Manado, Walikota Manado Andre Angouw sebaiknya ikut menempatkan pejabat sementara seluruh Direksi PD. Pasar Manado. “Supaya calon direksi yang akan mengikuti seleksi, benar-benar dilaksanakan secara fair dan terbuka meskipun yang ikut nanti mungkin ada juga petahana,” kata Saerang yang juga Wakil Ketua KNPI Sulut ini. “Tidak salah juga jika saya harus mengatakan bahwa pemkot Manado harus banyak belajar ke Walikota Bitung Mourits Mantiri.(dita)

banner