Lihat, 12 Formasi CPNS & CPPPK Ini yang Akan Dibuka di Sulut & 15 Kabupaten/Kota

MANADO-Antusias masyarakat yang akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS tahun ini dipastikan akan terus meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini lebih disebabkan pada, banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan sejumlah perusahaan industri akibat pandemi covid 19 yang selang hampir 15 bulan ini masih melanda Indonesia. Di Sulut sendiri, angka pengangguran pasca pandemi covid 19 sudah mencapai 69.619 orang di tahun 2020 lalu.

Pemerintah sendiri dalam waktu dekat akan sgeera membuka pendaftaran untuk seleksi CPNS 2021 serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pembukaan pendaftaran ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda yang memiliki keinginan untuk berkarir sebagai pegawai pemerintahan. Rencananya, pengumuman pembukaan seleksi CPNS 2021 akan dimulai pada akhir Mei 2021.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian mengatakan, waktu pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK masih bersifat tentatif. “Tanggal itu (30 Mei untuk membuka pendaftaran) betul adanya, karena memang sebagai informasi awal agar rekan-rekan di daerah bisa terinfo untuk antisipasi,” ujarnya kepada Kompas.com pekan lalu.

Kementerian PANRB melalui akun instagram resmi @kemenpanrab pun telah merinci beberapa formasi yang paling banyak pada seleksi CPNS dan CPPPK tahun ini. “Sahabat Muda, pembukaan pendaftaran CPNS dan CPPPK 2021 semakin dekat. Sudahkah kalian mempersiapkan diri? Berikut admin rangkum formasi terbanyak CPNS dan CPPPK 2021. Untuk formasi lainnya silahkan ditunggu di laman resmi instansi maupun sscasn ya!” tulis @kemenpanrb dalam akun instagram resmi mereka.

Untuk rinciannya, berikut formasi CPNS 2021 yang paling banyak dibuka untuk instansi pusat: Penjaga Tahanan, Analis Perkara Peradilan, Pemeriksa Analis Hukum Pertanahan, Perawat. Terdapat dua kategori, yakni formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Untuk tingkat provinsi, berikut rinciannya: Tenaga Kesehatan, Perawat, Dokter, Asisten Apoteker, Perekam Medis, Bidan, Teknis Polisi Kehutanan, Pengelola Keuangan, Pranata Komputer, Pengelola Perpustakaan, Penyuluh Pertanian.

Sementara untuk tingkat kabupaten/kota, berikut rinciannya: Tenaga Kesehatan, Perawat, Bidan, Dokter, Apoteker, Pranata Laboratorium Kesehatan, Teknis Auditor, Penyuluh Pertanian, Pengelola Keuangan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Polisi Pamong Praja.

Kementerian PANRB juga merinci formasi CPPPK untuk seleksi tahun ini. Untuk instansi pemerintah pusat, ini daftar formasi CPPPK yang paling banyak dibuka: Penyuluh KB, Penyuluh Perikanan, Penyuluh Kehutanan, Perawat Perencana. Sementara untuk di tingkat daerah, ada tiga jenis formasi CPPPK, yakni guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Berikut rincian formasi CPPPK yang paling banyak dibuka di tingkat provinsi: Guru, Guru BK, Guru TIK, Guru Matematika, Guru Penjaorkes, Guru Seni Budaya, Tenaga Kesehatan, Perawat Asisten Apoteker, Pranata Laboratorium, Kesehatan Apoteker, Bidan, Teknis Pranata Komputer, Teknik Jalan dan Jembatan Instruktur, Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa, Penyuluh Kehutanan. Sementara untuk di tingkat kabupaten/kota, berikut formasi CPPPK 2021 yang dibuka: Guru, Guru Kelas, Guru Penjaorkes, Guru BK, Guru TIK, Guru Agama Islam, Tenaga Kesehatan, Perawat, Bidan, Pranata Laboratorium Kesehatan, Perekam Medis, Asisten Apoteker, Teknis Penyuluh Pertanian, Arsiparis, Pranata Komputer, Pengelola Barang/Jasa Pamong Belajar.(kcl/politikanews)

banner