Maknai Perayaan Hari Lahir Pancasila, Caroll Senduk Ingatkan Peranan Pemuda

TOMOHON-Walikota Tomohon Caroll J A Senduk, SH didampingi Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE bersama unsur Forkopimda Kota Tomohon dan jajaran pemerintah mengikuti upacara hari lahir Pancasila yang ditayangkan secara langsung dari halaman gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Selasa (01/06).

Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara pada upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat  pada Selasa, 1 Juni 2021.

Dilansir di acount twitter pribadi, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, bangsa yang besar ini telah melayari pelbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini, dan keluar sebagai pemenangnya,” kata Jokowi.

Pancasila menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, saat ini sementara diperhadapkan dengan tantangan globalisasi. Berbagai kemudahan berinteraksi lintas negara bisa digunakan oleh ideologi-ideologi trans-nasional radikal, untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia. “Mari memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju,” pesan Jokowi. Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 mengambil tema, Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh.

Dalam momentum bersejarah ini, Walikota Tomohon mengatakan, melihat perkembangan dunia saat ini, maka nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk dipahami dan diamalkan oleh generasi muda, karena masa depan negara kita terletak di pundak mereka. Ketua DPC PDIP Tomohon ini mengharapkan agar semua masyarakat kota Tomohon menyadari pentingnya kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa untuk membumikan Pancasila.(jemmy)

banner