Caroll Senduk Salut Apresiasi Fraksi-Fraksi di DPRD Kota Tomohon

TOMOHON-Waliota Tomohon Caroll JA Senduk, SH dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE menghadiri rapat paripurna DPRD Kota Tomohon, dalam rangka memdengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 Kota Tomohon, dilaksanakan di ruang rapat DPRD, Senin 14 Juni 2021.

Dalam pemandangan umum Fraksi, semua Fraksi di DPRD Kota Tomohon masing-masing Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, serta Fraksi Restorasi Nurani menerima dan menyetujui ranperda dimaksud untuk dibahas dalam tahapan selanjutnya, sesuai mekanisme yang berlaku di DPRD Kota Tomohon, sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Rapat Paripurna ini dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka mendengarkan tanggapan dan penjelasan Walikota Tomohon terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi mengenai ranperda tentang pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2020. “Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, saya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh fraksi-fraksi DPRD Kota Tomohon yang masing-masing telah menyampaikan pemandangan umum atas rancangan peraturan daerah yang telah kami ajukan. Terlebih, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh fraksi DPRD Kota Tomohon yang telah menerima dan menyetujui rancangan peraturan daerah ini untuk dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni pembahasan bersama dengan pihak eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah Kota Tomohon,” kata Senduk.

Terkait dengan catatan masing-masing fraksi DPRD kota Tomohon dalam pemandangan umum fraksi-fraksi dapat kami jelaskan sebagai berikut. FPG, kami menyambut baik apresiasi dari fraksi partai Golkar terkait pencapaian beberapa indikator ekonomi makro di kota Tomohon, seperti halnya capaian indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2020, yang ada diangka 76,69 meningkat dari tahun 2019 yang ada di angka 76.67.

Sementara, F-PDIP, terkait prestasi capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kedelapan kali berturut-turut, kami selaku pemerintah tentunya menyampaikan terima kasih sekali lagi kepada fraksi PDIP dan apresiasi ini akan kami jadikan sebagai pemicu kinerja kami untuk kedepannya. Sehingga, untuk tahun-tahun kedepan kami akan tetap dapat mempertahankan opini wtp ini. tentunya harapan ini dapat terwujud apabila diiringi dengan peningkatan kinerja pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik.

Sedangkan, fraksi Restorasi Nurani terkait perbandingan realisasi pendapatan dan realisasi belanja daerah, dapat kami jelaskan sebagai berikut, realisasi pendapatan tahun anggaran 2020 adalah sebesar rp. 667.630.201.368,- (enam ratus enam puluh tujuh milyar enam ratus tiga puluh juta dua ratus satu ribu tiga ratus enam puluh delapan rupiah), sedangkan realisasi belanja dan transfer adalah sebesar Rp 657.722.536.985.(jemmy)

banner