Jarang Tersorot, Ini Pidato Memukau Rio Dondokambey Dihadapan Menteri Investasi/Kepala BKPM

MANADO-Sosok Ketua Umum Kadin Sulut Rio Dondokambey ternyata bukan pemain baru di organisasi besar di Indonesia sekelas Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Bahkan, dalam acara silaturahmi yang dilaksanakan Kadin Sulut dan Kadin Indonesia yang dihadiri langsung Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan calon Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid Sabtu, (12/06) pekan lalu, Rio tampil percaya diri mengupas habis potensi investasi di provinsi Sulut.

Tidak hanya itu, diberikan kesempatan untuk membawakan sambutan selama kurang lebih 45 menit, calon kuat Ketua Pemuda Sinode GMIM itu, tampil memukau dihadapan Menteri, Kadin Indonesia serta sejumlah kepala daerah yang sempat menghadiri acara tersebut. Bahkan, sesekali Ketua KNPI Sulut itu lihai dalam memancing emosi peserta untuk tertawa. Misalnya, saat dia menyindir peserta untuk memberikan aplaus atas sambutannya yang menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Menteri Bahlil Lahadalia. “Tepuk tangan dong. Ini kedatangan sosok yang luar biasa, masak tidak tepuk tangan,” kata Rio yang langsung diikuti canda-tawa dari peserta yang hadir.

Dihadapan Menteri Invretasi/Kepala BKPMN tersebut, putra Gubernur Sulut Olly Dondokambey itu ikut menyakinkan pemerintah soal potensi investasi di Sulut diantaranya, Sulut merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki 2 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yaitu, KEK Likupang dan KEK Bitung. Sebagai daerah yang memiliki potensi pengembangan investasi di Indonesia lanjut Rio, topografi Sulut sangat strategis dalam membuka akses pasar luar negeri, karena biaya pengiriman barang masih lebih murah dibandingkan dari Jakarta atau Surabaya. “Posisinya yang terletak diunjung samudra pasifik membuat banyak pelaku-pelaku ekonomi besar seperti Jepang, China, Eropa maupun Amerika semestinya lebih dekat ke Sulut ketimbang Jakarta atau Surabaya,” beber politikus muda yang memutuskan terjung ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah.

Lanjut Rio, jika investasi di Sulut bisa dikembangkan dengan baik, maka Sulut akan menjadi salah satu provinsi yang bisa mewujudkan mimpi Presiden RI Joko Widodo, termasuk Sulut bisa menjadi pemain utama dalam merangsang investor lokal maupun mancanegara. Diakhir sambutannya, Rio ikut memberikan apresiasi terhadap Menteri Investasi/Kepala BKPMN Bahlil Lahadalia yang dinilai termasuk pengusaha sukses di Indonesia. “Bapak Menteri adalah idola saya. Masih muda dan termasuk pengusaha sukses. Ini bukan pujian tapi memang fakta,” urai Rio menutup sambutannya.(maxi)

banner