11 Pejabat Ramaikan Bursa Sekkot Tomohon, Ini Sosok Calon Kuat Pengganti Ringkuangan

TOMOHON-Seleksi terbuka Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkot Tomohon dimulai. Uniknya, jika seleksi yang sama hanya dilakukan di lingkungan pemkot Tomohon, namun, seleksi kali ini ikut dilaksanakan di kantor Regional XI BKN Manado. Menariknya, nama Penjabat Sekkot Tomohon saat ini Jemmy Ringkuangan ternyata tidak masuk sebagai peserta seleksi. Sementara, nama mantan Plt Sekkot Tomohon sebelumnya yaitu Dr. Juliana D Karwur, Mkes ikut mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi terbuka PPTP.

Hanya saja, dari 11 nama pejabat esolon II yang mengikuti proses seleksi tersebut, nama mantan Sekda kabupaten Sangihe Edwin Roring, SE, ME dipastikan akan mendampingi Caroll Senduk, SH dan Wenny Lumentut, SE dalam memimpin kota Tomohon hingga tahun 2024 mendatang. Roring jauh sebelumnya sudah mendapat ‘restu’ dari gedung putih untuk memenuhi syarat menggunakan kendaraan dinas DB 6 G tersebut.

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE dalam sambutannya mengatakan, untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi, instansi pemerintah harus melakukan promosi jabatan pimpinan tinggi secara terbuka, melalui pengisian jabatan yang lowong secara kompetitif dengan didasarkan pada sistem merit. Dengan sistem merit tersebut kata Lumentut, maka pelaksanaan promosi jabatan didasarkan pada kebijakan dan manajemen ASN yang dilakukan sesuai dengan kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, integritas, moralitas, sesuai kinerja,” jelas Lumentut.

Dalam seleksi tersebut juga kata Ko Wenny (sapaan akrab untuk Lumentut) ikut memperhatikan rasa keadilan dan kewajaran dengan tidak membedakan agama, ras, latar belakang politik, warna kulit, asal usul, jenis kelamin, status perkawinan dan umur. “Oleh sebab itu, pengembangan karir PNS dilakukan berdasarkan kualifikasi, kompetensi penilaian kinerja dan kebutuhan instansi pemerintah serta dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas,” cetus pengusaha komodoti pertanian yang sukses berkiprah di dunia politik ini.

Lanjut Ko Wenny, jabatan Sekretaris Daerah merupakan jabatan yang strategis karena merupakan motor penggerak utama dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Selain itu kata Lumentut, Sekretaris Daerah mempunyai peranan penting dalam mengawal proses perubahan dengan cara melakukan gerakan reformasi birokrasi. “Sekretaris Daerah harus melakukan penataan birokrasi dengan mewujudkan pelayanan prima dan akuntabilitas kinerja serta keuangan demi terwujudnya pemerintahan yang berdayaguna, besih dan bertanggung jawab,” urai Lumentut yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Sulut ini.

Ditambahkannya, tidak ada yang diunggulkan dalam seleksi ini. “Silakan berkompetisi dengan baik, silahkan tunjukan kompetisi dgn baik. Siapa saja yang menjadi Sekretaris Kota nanti, tentu harus melakukan langka langka awal tentang bagaimna untuk mencapai tujuan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon, dan hal yang penting saat ini berupaya untuk berusaha bersama dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Tomohon,” tutur Lumentut.

Sementara itu, Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf ikut memberikan apresiasi kepada pemkot Tomohon yang telah melaksanakan proses kegiatan ini, semoga mnejadi contoh bagi daerah lain. “Berharap Pansel dapat bekerja secara objektif, dengan adanya proses ini akan menghasilkan Sekot yang bernar benar berkualitas, kerana peran Sekkot di Pemerintahan Daerah sangat berpengaruh dalam pelaksanaan suatu Pemerintahan suatu daerah,” harap Yusuf.

Peserta seleksi calon Sekdakot kali ini yaitu Edwin Roring, SE, ME, Drs. Gerardus E Mogi, Drs. Joppie R Kalangi SH, Steven. A Waworuntu, SSTP, Jusak S T Pandeieot SPd, Drs. Florensianus V Karundeng, Ir Nova S Rompas, Novi A H Politon, SE, MM, Ruddie A Lengkong SSTP, Dr. Juliana D Karwur, Mkes, MSi, Drs. Octavianus D S Mandagi.

Kaban Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut selaku Ketua Panitia seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Tomohon Dr. Femmy J Suluh Msi mengatakan, ikut memberikan apresiasi kepada peserta yang sangat antusias mengikuti proses seleksi ini. Berbagai proses tahapan seleksi yang telah dan akan dilalui oleh para calon pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kota Tomohon mulai dari seleksi administrasi, penilaian rekam jejak, seleksi kompetensi (assesment), penyusunan dan presentasi makalah dan wawancara.

Tampak hadir Kepala Kantor Regional XI BKN Manado Dedi Herdi SH MSi, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan AP MSi, anggota panitia seleksi Prof Dr Philotheus E A Tuerah MSi DEA, Dr Flora Pricillia Kalalo SH MH, Kakaskasen A Roeroe S Pi MSc.(jemmy)

banner