10 Poin Ini Ditekankan Caroll Senduk dalam Pembahasan RPJMD Tomohon 5 Tahun Mendatang

TOMOHON-Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026 ikut dilaksanakan di Command Center MPP Wale Kabasaran Tomohon, Senin, (12/07) hari ini. Musrenbang dibuka sekaligus dipimpin langsung Walikota Tomohon Caroll JA Senduk, SH dan diikuti secara daring oleh unsur terkait lainnya. Dalam sambutannya, Senduk menjelaskan bahwa tahapan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2021-2026.

Melalui forum ini lanjut Walikota, semoga dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan ini.

Untuk mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah Kota Tomohon lanjut Walikota, maka kebijakan dan prioritas pembangunan yang disepakati dalam Musrenbang ini, diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi kepala daerah, untuk kurun waktu perencanaan pembangunan selama 5 tahun ke depan.

Kepada seluruh lembaga dan komponen masyarakat, Walikota pertama di kota Tomohon yang diusung PDI-P ini, mengajak untuk secara bersama-sama mewujudkan Kota Tomohon yang maju, berdaya saing, dan sejahtera, meskipun saat ini kita sedang berada dalam kondisi yang kurang baik, sebagai dampak dari pandemi covid-19.

Masih menurut Senduk, seluruh pimpinan dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif. “Besar harapan kami, para Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya dapat berperan secara optimal dalam mengawal program dan kegiatan strategis, sebagaimana tertuang dalam rancangan RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026,” harap Senduk dihadapan seluruh kepala SKPD di lingkungan pemkot Tomohon ini.

Sementara, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE lewat vidcon menambahkan, untuk mewujudkan visi dan misi kami selaku Walikota dan Wakil Walikota, adalah bekerja bersama, bahu membahu bersama seluruh elemen masyarakat Tomohon, koordinasi yang selaras dan seimbang Pemerintah Provinsi Sulut dan pemerintah pusat menuju Tomohon maju berdaya saing dan sejahtera. Sebelumnya, Kaban Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu, MAP dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan RPJMD. Sedangkan, untuk peserta kegiatan yakni unsur Perangkat Daerah Kota Tomohon, Akademisi dan perwakilan masyarakat.

Ikut menjadi narasumber dalam kegiatan kali ini, mewakili Dirjen Bangda Kemendagri Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Drs. Nyoto Suwignyo MM, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, SE, Ketua PN Tondano Nova Loura Sasube SH, MH, Kapolres Tomohon AKBP. Bambang Ashari Gatot SIK, MH, Perwira Penghubung Kota Tomohon Mayor. Inf. Vino Onibala, serta mewakili Dandim 1302 Minahasa dan Kajari Tomohon Fien Ering SH MH. Diakhir kegiatan, dilakukan penandatanganan berita acara Musrenbang oleh Walikota Tomohon, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt. Senduk G A Roeroe, MTh mewakili tokoh agama, Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon, SE, MM mewakili Kepala Perangkat Daerah, bersama unsur terkait yang ikut vidcon.(jemmy)

banner