Tutup 29 Juli 2021, Bank Indonesia Buka Lowongan Calon Pegawai Muda

Bank Indonesia.(dok)

JAKARTA-Tidak hanya Kementerian, sejumlah lembaga negara maupun pemerintah daerah yang membuka seleksi penerimaan CPNS/Pegawai di tahun ini. Namun, salah satu bank plat merah yang kredibilitasnya diakui pasar dunia yakni Bank Indonesia, juga ikut membuka rekrutmen pegawai tahun 2021. Bahkan, seleksi kali ini hanya dibuka secara terbatas dan hanya 4 hari terhitung mulai hari ini.

Bank Indonesia (BI) kali ini membuka seleksi rekrutmen pegawai melalui jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) angkatan 36. PCPM sendiri merupakan jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di BI. Dikutip dari akun instagram resmi BI, Sabtu (24/7) hari ini, masa pendaftaran untuk seleksi penerimaan PCPM dibuka pada 24-29 Juli 2021 mendatang. “#SobatRupiah, ini saatnya untuk #BeriMakna dalam membangun stabilitas perekonomian negara, dengan bergabung menjadi keluarga besar Bank Indonesia. Caranya, ikuti seleksi penerimaan Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) Bank Indonesia Angkatan 36.

Simak dan catat persyaratan di atas ya, karena bisa jadi Sobat lah yang kami butuhkan,” tulis BI di akun instagram resminya, @bank_indonesia. Ini Syarat dan Posisi yang Dibutuhkan Untuk diketahui, informasi lengkap mengenai rekrutmen lowongan kerja BI jalur PCPM angkatan 36 bisa diakses melalui laman pcpm36.rekrutmenbi.id. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email di laman tersebut juga dijelaskan, ada dua jalur yang digunakan dalam rekrutmen PCPM angkatan 26 tahun 2021.

Yang pertama, yakni open recruitment, dan yang kedua adalah targeted recruitment yang terdiri dari Campus Hiring pada beberapa perguruan tinggi tertentu dan Referral melalui kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Di dalam laman PCPM angkatan 36 tersebut dirinci, pembukaan seleksi jalur open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan BI tanpa ada batasan perguruan tinggi.

Untuk targeted recruitment campus hiring, rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang memenuhi persyaratan tertentu serta berasal dari perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh BI. Sedangkan referral LPDP bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang merupakan lulusan S2 dari perguruan tinggi di luar negeri, dengan persyaratan bidang studi atau keahlian spesifik sesuai kebutuhan BI.
Berikut adalah persyaratan administrasi untuk mendaftar seleksi PCPM BI :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Telah menyelesaikan masa studi jenjang pendidikan Sarjana (S1) / Pasca Sarjana (S2).
  3. Lulusan dari bidang studi :
  4. Statistika Matematika
  5. Teknik Industri
  6. Teknik Informatika
  7. Sistem Informasi
  8. Ilmu Komputer
  9. Ilmu Ekonomi/Studi Pembangunan
  10. Ilmu Ekonomi Syariah/Islam
  11. Manajemen
  12. Akuntansi
  13. Keuangan
  14. Ilmu Hukum
  15. Ilmu Komunikasi
  16. Untuk lulusan perguruan tinggi dari luar negeri, memiliki bidang studi yang setara dengan bidang studi di atas.
  17. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4,00).
  18. Lulusan perguruan tinggi luar negeri yang tidak termasuk dalam Top 50 QS World University Rankings tahun 2021 diwajibkan untuk :
  19. Memberikan hasil penyetaraan ijazah dari Ditjen Dikti.
  20. Memberikan hasil penyetaraan transkrip nilai yang diraih dari Ditjen Dikti. — Menyampaikan bukti hasil penyetaraan Ijazah dan Transkrip nilai pada saat dinyatakan lolos untuk mengikuti Seleksi Tahap Tes Kesehatan dan Psikiatri.
  21. Usia per tanggal 24 Juli 2021: S1: maksimal 26 tahun. S2: maksimal 28 tahun.
  22. Diutamakan memiliki pengalaman berorganisasi di kampus dan/atau sosial kemasyarakatan.
  23. Menunjukkan potensi leadership, interpersonal skill, communication skill, team work dan kemampuan analisis yang baik, serta dapat diandalkan. –
  24. Tidak memiliki ikatan dinas atau bersedia mengundurkan diri dan melepaskan ikatan dinas di perusahaan/instansi sebelumnya apabila diterima sebagai calon pegawai Bank Indonesia.
  25. Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas dengan Bank Indonesia. Bersedia mematuhi setiap peraturan dan/atau tata tertib yang berlaku di Bank Indonesia, termasuk pengaturan hubungan keluarga di Bank Indonesia (informasi lebih lanjut mengenai pengaturan hubungan keluarga di Bank Indonesia dapat dilihat pada menu FAQ & Bantuan).

Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Bank Indonesia, baik di kantor pusat maupun di kantor perwakilan dengan loyalitas, kemampuan, dan ketahanan tinggi untuk bekerja bagi bangsa dan negara.(politikanews.com/kompas.com)

banner