Ketambahan Profesor, 3 Guru Besar Ini Perkuat Kepemimpinan Rektor Unima

Rektor Unima Prof. Deitje Katuuk, Mpd saat pelaksanaan vaksinasi di lingkungan Unima Tondano.(ist)

TONDANO-Komitmen Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A Katuuk, Mpd untuk terus membenahi sistim pendidikan di Unima Tondano, tidak hanya dilakukan dengan cara untuk menambah sejumlah fakultas dan prodi yang sesuai dengan kebtuhan pasar tenaga kerja. Namun, mantan Dekan FIP Unima ini juga ikut memfasilitasi pengukuhan sejumlah Guru besar yang nantinya akan memperkuat penelitian akademik yang nantinya akan dilakukan salah satu PTN terbaik di Sulut tersebut.

Buktinya, Selasa (27/07) baru-baru ini, Rektor ikut mengkukuhkan 3 oran Guru besar masing-masing Prof. Dr. Verry Ronny Palilingan, MSi dan Prof. Dr. Marianus, MSi. Menurut Rektor, pengukuhan Guru besar merupakan suatu peristiwa yang amat terhormat, karena melalui mimbar ilmiah, seorang Guru besar akan menyampaikan pidato ilmiah, pokok-pokok pikiran, ide dan gagasan brilian keilmuan yang dimilikinya sebagai wujud dari otonomi keilmuan seorang profesor. “Guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi dan merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh negara, sebagai wujud pengakuan atas prestasi akademik yang diraih, pengakuan atas dedikasi keilmuan yang diberikan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan didalamnya ikut bersama memecahkan persoalan masyarakat, bangsa dan negara,” kata istri tercinta Pakar Ilmu Perencanaan Unima Prof. Dr. Samsi Pasandaran ini.

Bagi Unima sendiri kata Rektor, kehadiran Prof. Dr. Verry Ronny Palilingan, MSi dan Prof. Dr. Marianus MSi akan lebih meningkatkan academik standing dan semakin memperkuat upaya-upaya memajukan dan mengembangkan Unima ke depan. “Guru besar menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) sebuah perguruan tinggi termasuk Unima. Oleh sebab itu, kita semua sangat bersyukur karena hari ini sudah dapat dikukuhkan kembali dua orang Guru besar tetap Unima. Tugas dan panggilan untuk membangun Unima masih terbentang luas,” pesan Prof Katuuk.

Masih menurut Rektor, dengan dikukuhkannya beberapa Guru besar di Unima, maka dengan sendirinya akan mampu menciptakan generasi bangsa yang hebat dan sukses di kemudian hari.  “Anak-anak bangsa yang menanti tangan sukses Prof. Dr. Verry Ronny Palilingan dan Prof. Dr. Marianus untuk mendidik mereka, mengasah mereka dan menyiapkan mereka menjadi anak-anak bangsa yang unggul dan pelopor,” urai Katuuk.

Lanjut Rektor, peristiwa pengukuhan hari ini merupakan momentum penting untuk kita menatap ke masa depan, menangkap peluang-peluang serta menghadapi ancaman seiring dengan perkembangan masyarakat di era teknologi dan revolusi industri 4.0 bahkan era revolusi industri 5.0. Sebelumnya, telah dilaksanakan juga sidang senat dan wisuda yang telah menghantarkan Prof. Dr. Parabelem Tinno Dolf Rompas MT dikukuhkan Rektor Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, MPd sebagai Guru Besar Tetap Unima.

Dengan semangat juang, memiliki niat serta kemauan memajukan Unima, Prof Dei tidak berhenti sampai disitu. Belum lama ini, inovasi per inovasi terus dilakukannya nyaris tanpa henti.  “Marilah kita terus meningkatkan dan memperkuat komitmen bersama untuk membangun Unima yang sama-sama kita cintai,” ajaknya.(ms)

banner