Wartawan Handal Media Indonesia Jabat Dirjen Kominfo

Wartawan Senior Media Indonesia Usman Kansong.(dok)

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate resmi melantik Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo pada Selasa, (10/08) hari ini. Usman Kansong adalah bekas Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-KH Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

“Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Selasa, 10 Agustus 2021, saya Menteri Komunikasi dan Informatika RI dengan ini secara resmi melantik saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI,” kata Menkominfo dalam siaran langsung di akun Youtube Kominfo.

Pelantikan itu sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 108/TPA 2021 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Keputusan tersebut ditetapkan pada 5 Agustus 2021. Johnny Plate berharap Usman dapat melaksanakan tugas di jabatan barunya itu dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Menyitir situs Indonesian Presidential Studies, Usman memiliki pengalaman di sejumlah media nasional. Dia sempat bekerja di Harian Republika selama lima tahun mulai 1995 hingga 2000. Selepas keluar dari Republika, Usman menjabat sebagai News Current Affairs Manager Metro TV selama sembilan tahun.

Pria kelahiran Jakarta, 13 April 1970, ini menamatkan kuliah pasca-sarjana jurusan Sosiologi di Universitas Indonesia pada 2005 atau saat ia bekerja di Metro TV. Dia juga menempuh pendidikan doktoral untuk Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia.

Saat menjadi mahasiswa S-1 di USU Medan, Usman pernah didapuk sebagai Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat periode 1992-1993. Ia juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Senat Mahasiswa pada 1993-1994. Nama Usman Kansong masuk dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf Amin yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, 20 Agustus 2018.

Usman Kansong merupakan salah satu wartawan senior Media Indonesia yang banyak mengulas tentang kebijakan strategis pemerintah. Bersama beberapa wartawan senior Media Indonesia lainnya seperti Elman Saragih, Usman banyak memberikan kajian dan telaah dalam siaran Editorial Media Indonesia.(politikanews.com/tempo.co.id)

banner