Rela Jalan Kaki, Petani di Desa Ini, Terkejut Ditemui Langsung Senator SBANL

SBANL saat menemui langsung petani di Tombasian.(ist)

TOMOHON-Gaya blusukan ke kampung-kampung yang selama ini kerap dilakukan anggota DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP rupanya masih menjadi karacter utama Senator yang biasa disapa SBANL ini. Tak heran, saat pulkam (Pulang Kampung), mantan Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM dua periode berturut-turut ini, langsung menyapa masyarakat di konstituennya termasuk masyarakat di desa Tombaisan Atas, Kecamatan Kawangkoan, Kaupaten Minahasa, Rabu, (11/8) kemarin.

Tak tanggung-tanggung, Senator yang berhasil meraup 125.099 suara di pemilu tahun 2019 dari dapil Sulut ini, langsung menemui petani yang kebetulan saat itu sementara melakukan panen raya kacang batik, di salah satu perkebunan milik petani. SBANL terlihat membaur dengan masyarakat, bahkan intens melakukan wawancara terkait sistim distribusi penjualan kacang batik ke pasar lokal.

Pada kesempatan tersebut, suami Ketua DPD II Partai Golkar Kota Tomohon ini mengajak masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong yang selama ini tidak digarap, untuk ditanamai kacang. Menurut SBANL, harus diakui bahwa Kawangkoan memiliki udara yang sangat sejuk, karena berada di dataran tinggi. Karena iklimnya yang sejuk, maka Kawangkoan merupakan daerah yang sangat cocok bercocok tanam komiditi sejenis kacang. “Masyarakat disini juga dikenal sebagai petani kopi, sayur-mayur, cengkeh, jagung dan kacang-kacangan. Wilayah ini dapat dikatakan sebagai pemasok kacang terbesar untuk seluruh wilayah Sulawesi Utara,” beber mantan aktifis GMKI ini.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Tombasian Atas Treis Rawung, ST bersama sejumlah petani lainnya ikut memberikan apresiasi dan bangga kepada SBANL yang secara spontan ikut meninjau langsung keberadaan petani kacang di lokasi perkebunan.  “Saya salut dan bangga dengan Liow, rela naik motor bahkan jalan kaki hanya untuk menemui petani di kebun,” kata Rawung yang mengaku SBANL adalah teman semasa masih kuliah.(jemmy)

banner