Pemakaman Digelar Dalam Upacara Adat Sangihe, Humiang : Bu Winsu Tokoh Nasional Visioner

Ketua Harian PB Bamukisst Drs. Edison Humiang, M.Si.(dok)

MANADO-Pernyataan menarik ikt disampaikan Ketua Harian PB Bamukisst Drs. Edison Humiang, M.Si saat melaksanakan ibadah malam penghiburan di kediaman Drs. Winsulangi Salindeho (alm) Senin, (16/8) lalu. Dalam sambutannya, mantan Sekkot Bitung ini mengatakan, sosok Bu Winsu (Winsulangi Salindeho,red) bukan hanya merupakan tokoh terbaik Sulawesi Utara dari Nusa Utara, namun Bu Winsu dalam pandangan Humiang, sudah merupakan tokoh nasional.

Karya dan kerja yang dilakukan Bu Winsu bagi bangsa dan negara menurut salah satu Ketua Tim 17 Panitia Pemekaran Kab. Kepl. Sitaro ini, sudah sangat maksimal termasuk di dunia politik dan birokrat. “Semasa hidupnya, Bu Winsu telah melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Beberapa jabatan strategis di pemerintahan pernah diembannya, oleh karena itu almarhum adalah putra terbaik dari nusa utara untuk bangsa dan negara dan layak disebut tokoh nasional,” kata Humiang yang malam itu ikut menghibur keluarga dengan menyanyikan beberapa syair lagu khas Nusa Utara.

Semasa hidup dan saat bertatapan muka di di DPRD Sulut, sosok Bu Winsu banyak dimintai saran dan petunjuk oleh Humiang dalam kapasitasnya sebagai mantan pamong senior di lingkungan pemprov Sulut. “Kalau ketemu di kantor DPRD Sulut, saya selalu memohon arahan dan petunjuk beliau (Bu Winsu, maksudnya) dalam melaksanakan tugas sebagai birokrat. Pengalaman almarhum pada beberapa jabatan strategis di pemerintahan, ikut menjadikan Bu Winsu sebagai teladan dan panutan di dunia pemerintahan dan politik,” jelas birokrat asal Kab. Kepl. Sitaro ini.

Ibadah malam penghiburan PB Bamukisst itu sendiri dipimpin oleh salah satu kader Nusa Utara terbaik yang ada di GMIM yakni, Pdt. Dr. Alfrets Daleno, S.Th, M.Pd.K. Dalam khotbahnya, Pendeta sejuta kharisma ini mengatakan, apapun keadaan Bu Winsu saat ini keluarga harus mengimani bahwa inilah karya Tuhan yang terbaik. “Karena kita adalah titipan dan ciptaan Tuhan, maka tidak ada seorang pun yang harus melarang, jika hasil ciptaan-Nya dipanggil pulang kembali,” tutur Pdt. Daleno dalam khotbahnya.

Selain Humiang, hadir juga dalam ibadah malam penghiburan tersebut Sekretaris Umum PB Bamukisst Alfein Gilingan, Spd, Judi Saerang, SH, tokoh Sitaro Tomi Kansil, dan beberapa tokoh Nusa Utara lainnya. Sesuai jadwal, ibadah pemakaman almarhum Bu Winsu akan dilaksanakan hari ini di kediaman Wonasa Kapleng, dan ibadah pemakaman akan dilaksanakan dalam acara adat Sangihe.(ms)

banner