Simak, Skenario Upacara Adat yang Digagas IKISST Terhadap Almarhum Bu Winsu

Ketum DPD IKISST Prof. Dr. Orbanus Naharia, MS.(ist)

MANADO-Kepedulian warga Nusa Utara tehadap sosok Drs. Winsulangi Salindeho (almarhum) tidak hanya dibuktikan dengan antusias warga untuk melayat di rumah duka maupun melaksanakan ibadah malam penghiburan. Namun, upacara adat pelepasan jenasah Bu Winsu, merupakan salah satu skenario acara yang disiapkan langsung oleh DPD IKISST (Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud).

Ketua Umum DPD IKISST Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si kepada politikanews.com mengatakan, upacara adat merupakan sebuah tradisi pemakaman dari Sangihe yang dilakukan terhadap seseorang karena ketokohan. “Sejak kemarin kami sudah melakukan kordinasi dengan pihak pemkab Sangihe, dan ada beberapa tokoh adat yang sudah dipercayakan untuk melaksanakannya,” kata Prof Naharia.

Lantas, seperti apa skenario pelepasan secara adat nanti di kediaman almarhum Bu Winsu ? Tokoh Nusa utara yang kini menjabat Pembantu Rektor Bidang Akademik Unima di Tondano ini mengatakan, sebelum diserahkan kepada Jemaat GMIM Pniel Tuna Wilayah Mawakom, beberapa tokoh adat yang sudah ditugaskan akan melaksanakan prosesi adat serta membawahkan doa-doa penyembahan. “Mereka yang terlibat nanti diantaranya Pendeta Teleng yang selama ini dikenal sebagai sesepuh IKISST,” jelas Prof Orbanus.

Pakar Ilmu Kimia jebolah Iinstitut Pertanian Bogor (IPB) ini mengatakan, dimata DPD IKISST, Bu Winsu adalah mantan birokrat dan politisi yang selama ini menjadi Gahgurang (Orang tua,red) terhadap keluarga besar IKISST yang menyebar di seluruh kabupaten/kota di Sulut. “Kami banyak menerima masukan dan nasehat dari almarhum, bahkan almarhum termasuk tokoh yang intens dalam kegiatan yang dilaksanakan DPD IKISST. Maka dari itu, semua warga IKISST hari ini akan menggunakan pakaian adat lengkap sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum,” cetus Guru besar yang dikenal familiar dengan warga Nusa Utara ini.

Sementara, pantauan politikanews.com di kediaman almarhum di Wonasa Kapleng menunjukan, sejumlah tokoh-tokoh Nusa Utara telah hadir lengkap dengan menggunakan pakain adat lengkap diantaranya Bupati Sangihe Jabes Gahgana, SE, ME.(ms)

banner