Begini Kekuatan Capres Prabowo Subianto Pasca Golkar & PAN Menyatu

Prabowo Subianto.(dok)

JAKARTA-Peta politik pasca Golkar dan PAN ikut menyatakan dukungan terhadap Calon Presiden Prabowo Subianto terus mengalami perubahan. Perkembangan terkini hasil survei Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA juga merilis hasil jajak pendapat mengenai bakal calon wakil presiden untuk Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Ada 4 tokoh yang masuk dalam survei ini, salah satunya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Survei LSI Denny JA ini bertajuk ‘Gibran, Generasi Milenial & Pertarungan Cawapres 2024’. LSI Denny JA menyebut Gibran merupakan satu-satunya wakil dari generasi milenial di daftar cawapres beredar. Pengumpulan data survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 3-15 Juli 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Metodologi sampling yakni multistage random sampling dan dilengkapi riset kualitatif. Survei ini disebut mempunyai margin of error +- 2,9%.
LSI Denny JA membedah kekuatan Gibran dibanding tiga nama lain yang santer disebut-sebut akan mengisi pos cawapresnya Prabowo Subianto. “Kekuatan Gibran dibandingkan cawapres Prabowo lainnya, ada Pak Erick, kemudian Pak Airlangga, kemudian juga Pak Muhaimin,” kata pembicara LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam rilis survei secara virtual, Senin, (14/8) baru-baru ini.
Ada dua faktor dalam perbandingan kekuatan Gibran dan 3 nama lain untuk bursa cawapresnya Prabowo. Faktor tersebut yakni tingkat popularitas dan kesukaan. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa hukum besi dari demokrasi elektoral kita orang tidak mungkin pilih jika dia tidak kenal. Tapi sudah kenal pun tidak menjadi jaminan dia akan dipilih ketika dia tidak disukai. Mereka harus dikenal, disukai, baru pemilih mau memutuskan pilihannya itu sendiri,” kata Ardian Sopa.
Dalam hal popularitas, Gibran Rakabuming unggul atas Erick Thohir, Airlangga dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Tingkat popularitas Gibran ada di angka 66,5%. “Terlihat Gibran Rakabuming Raka, dibandingkan 3 tokoh yang lainnya, ini Gibran di angka 66,5%. Kemudian Erick Thohir di angka 61,8%, kemudian Airlangga Hartarto 52,3% dan Ahmad Muhaimin Iskandar di angka 43,1%,” ujar Ardian Sopa.
Hasil serupa didapat Gibran dalam hal kesukaan. Ardian menyebut Gibran merupakan kandidat cawapres Prabowo yang paling disukai. “Dibandingkan dengan 4 lainnya, Gibran masih yang tertinggi selain pada popularitasnya,” ujar dia.(dtn/pol)