Monday, June 24, 2024
HomePendidikanDoktor Amstrong Sompotan, Carek Unima berusia 43 Tahun, yang Termotivasi Gaya Kepemimpinan...

Doktor Amstrong Sompotan, Carek Unima berusia 43 Tahun, yang Termotivasi Gaya Kepemimpinan di ITB

TONDANO-Dr. Armstrong F. Sompotan SSi MSi, merupakan salah satu dosen termuda di Universitas Negeri Manado (Unima) yang menyatakan kesiapannya untuk maju dalam suksesi pilrek Unima tahun 2024.


Dosen FMIPA kelahiran Tomohon, 19 Februari 1981 ini rupanya termasuk salah satu akademisi yang ikut mengadopsi pola kepemimpinan di sejumlah PTN bergengsi di Indonesia seperti di Universitas Indonesia, UGM, Undip maupun Institut Tekonologi Bandung (ITB).

“Di ITB, dosen umur 40-50 tahun sudah dipercayakan untuk menempati jabatan strategis di kampus seperti dekan, kaprodi bahkan rektor. Sedangkan, untuk umur 50 tahun ke atas, mereka lebih banyak memilih berkarir di sejumlah kementrian maupun lembaga seperti menjadi Menteri, Dirjen,” ungkap Amstrong yang juga Kepala LPPM Unima.

Tak hanya menjabat sebagai salah satu Senator termuda di Unima, namun, Amstrong Sompotan juga rupanya ikut memiliki latar belakang pendidikan yang cukup mumpuni di bidangnya.

Jebolan program doktor ITB ini rupanya pernah mengikuti LEMHANAS RI tahun 2012 dan Special Research Student di Graduate School of Science, Chiba University – Japan tahun 2013.

Tak heran, jebolan doktor ilmu kebumian ITB ini beberapa kali pernah dipercayakan menjabat Plh rektor Unima, bahkan dipakai di sejumlah Pemerintah kabupaten/kota di Sulut diantaranya, Tim Ahli/Pokja Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tahun 2022 sampai sekarang.

Dalam pengembangan Unima, jebolan Magister Sains Fisika Bumi ITB ini juga pernah dipercayakan menjabat Ketua Tim IKU (Indeks Kinerja Utama) Unima tahun 2021-2022.

Bahkan, sebelum menjabat Ketua LPPM Unima, Peneliti Muda di Chiba University Hattori Lab Japan tahun 2013 ini ternyata pernah menjabat Sekretaris LPPM Unima.

Dibidang Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Amstrong Sompotan ternyata bukanlah merupakan pendatang baru.

Pengalamannya dalam dunia PTN ini ikut menghantar Amstrong beberapa kali menempati jabatan strategis di Ormas diantaranya, Wakil Ketua HKTI Sulut (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) tahun 2019-sekarang, Wakil Ketua Bidang IKAL Sulut (Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas) tahun 2017 sampai sekarang.

Tak hanya itu, Amstrong juga pernah dipercayakan sebagai Wakil Ketua PMI Kota Tomohon (Palang Merah Indonesia) tahun 2017 sampai 2023 serta Ketua Umum IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia) tahun 2015 sampai sekarang.(*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments