Thursday, September 19, 2024
HomePolitik DaerahJadi 1 Fraksi di DPRD Sitaro, Perindo (Bisa) Perkuat Posisi Ci Uto

Jadi 1 Fraksi di DPRD Sitaro, Perindo (Bisa) Perkuat Posisi Ci Uto

SIAU-Partai Perindo diera kepemimpinan Jotje Luntungan, SE dipastikan akan membentuk 1 Fraksi di DPRD kabupaten kepulauan Sitaro. Perindo Sitaro kembali mengukir prestasi yang sama di tahun 2019 lalu, yang mampu mempertahankan perolehan 3 kursi di DPRD Sitaro pada pemilu 14 April 2024 lalu.


Hasil pleno KPUD Sitaro tentang penetapan caleg terpilih DPRD Sitaro periode 2025-2029 menunjukan, Perindo sukses memperoleh 1 kursi di masing-masing dapil.

Untuk dapil I yang meliputi kecamatan Siau Barat Selatan, Siau Barat, Siau Barat Utara & kecaatan Siau Tengah), Perindo sukses mempertahankan posisi adik kandung Liem Hong Eng (Ci Uto) yakni Yohana Halim, SE sebagai caleg terpilih. Halim saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Sitaro fraksi Perindo.


Sementara untuk dapil II yang meliputi kecamatan Siau Timur dan Siau Timur Selatan, Perindo masih mempertahankan ‘Jagoan’ utama mereka yakni Ketua DPC Partai Perindo Sitaro Jotje Luntungan, SE. Tercatat, Luntungan sudah 3 periode berturut-turut mampu mendulang kursi dari dapil neraka ini.


Bagaimana dengan Tagulandang ? Di daerah penghasil buah salak terbesar kedua di Indonesia ini, Perindo memunculkan wajah baru tapi tercatat sebagai muka lama di DPRD Sitaro.

Mantan anggota Fraksi PDIP DPRD Sitaro Netty Adrian, SE.,M.Si sesuai pleno KPUD Sitaro ditetapkan sebagai caleg terpilih DPRD Sitaro dari partai Perindo. Srikandi Perindo ini berhasil mengeserkan beberapa wajah lama di DPRD Sitaro diantaranya, Harles Bawole dari PDIP.


Masuknya 3 nama pentolan Perindo di DPRD Sitaro ini dinilai sejumlah kalangan akan memperkuat posisi Liem Hong Eng atau yang biasa disapa Ci Uto, jika koalisi PDIP-Perindo mampu memenangkan pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

“Posisi tawar Ci Uto itu sangat kuat, karena punya fraksi di DPRD Sitaro. Fraksi Perindo di DPRD Sitaro bagi saya adalah kendaraan politik yang sangat strategis bagi Ci Uto dalam menjalankan pemerintahan, jika Tuhan berkenan mereka (PDIP-Perindo) menang pilkada,” kata akademi Unima Dr. Marnex Berhimpong, M.Kes.,AIFO.


Tokoh masyarakat Sitaro yang kini berkiprah di FPOK (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Masyarakat) Unima ini mengatakan, bakal koalisi PDIP-Perindo kali ini ikut memunculkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang paripurna.

“Kedua srikandi ini (Eva dan Ci Uto) keduanya memiliki suami sebagai pimpinan partai politik di Sitaro yang sukses meraih kursi mayoritas di DPRD Sitaro. Ini bisa menjadi kekuatan politik yang luar biasa baik diesekutif maupun di legislatif nanti kedepan. Tergantung dinamika politik saat itu,” jelas Berhimpong.


DPP Partai Perindo sebelumnya telah mengumumkan nama Eva Sasingen, SE dan Liem Hong Eng masing-masing sebagai calon bupati dan wakil bupati kepulauan Sitaro periode 2024-2029. Informasi yang berhasil dihimpun politikanews.com, format yang sama juga akan diumumkan DPP PDIP dalam waktu dekat ini. “Kemungkinan besar pekan depan,” beber sumber resmi di PDIP.(alcri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments