Tuesday, February 27, 2024
HomeDaerahKemenhub RI Pastikan Penerbangan Perdana ke Siau Sebelum Pemilu 14 Februari 2024

Kemenhub RI Pastikan Penerbangan Perdana ke Siau Sebelum Pemilu 14 Februari 2024

SIAU-Kemenhub (Kementrian Perhubungan) RI ikut memastikan bahwa penerbangan perdana ke bandara Taman Soekarno di Siau akan dilaksanakan sebelum pemilu 14 Februari 2024 mendatang.


Hal ini terungkap dalam percakapan serius via telepon antara Penjabat Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Ir. Joi Oroh, M.Si dengan Kepala Bandara Gorontalo yang bertindak sebagai KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) dalam Lelang Subsidi Penerbangan yang dilakukan Kemenhub RI.


“Tanggal 26 bulan ini ( Februari maksusnya) sudah akan ada penetapan perusahaan pemenang,” ungkap Oroh saat dihubungi diruangan kerjanya di kantor Bapelitbang Provinsi Sulut, Rabu, (24/01) kemarin.

Menurut Oroh, penundaan penerbangan perdana ke Siau beberapa waktu lalu lebih disebabkan pada urusan teknis lelang di Kemenhub RI.

“Belum tahu tanggal yang pasti tanggal berapa. Tapi, sudah ada jaminan dari KPA di Gorontalo bahwa sebelum pemilu Februari 2024 mendatang sudah beroperasi,” jelas Oroh.


Kemenhub RI sendiri tidak akan memberikan beban belanja subsudi kepada pemerintah kabupaten Sitaro terkait dengan akan segera beroperasinya bandara Taman Soekarno di Sitaro.

“Semuanya fuul belanja APBN. Tidak ada subsidi dari pemkab Sitaro,” tutur Oroh, yang sampai saat ini belum tahu maskapai mana yang lebih berpeluang untuk melayani rute tersebut.


Bandara Taman Soekarno di pulau Siau kabupaten Sitaro merupakan salah satu bandara di provinsi Sulut, yang posisinya terletak di tepi pantai di desa Balirangeng, Kecamatan Siau Timur Selatan. Bandara ini bisa ditempuh dengan perjalanan 1 sampai 1 1/2 jam dari Ondong, ibukota kabupaten Sitaro.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments