Monday, June 24, 2024
HomeBerita UtamaKambey-Sendow-Naharia-Silangen Ketat, Restu Rektor Prof Deitje Katuuk Menentukan Penetapan 3 Besar. Lihat...

Kambey-Sendow-Naharia-Silangen Ketat, Restu Rektor Prof Deitje Katuuk Menentukan Penetapan 3 Besar. Lihat Minus-Plusnya

TONDANO-Siapa calon rektor Unima periode 2024-2028 mendatang hampir pasti tidak akan meleset dari 10 nama yang mendaftarkan diri di sekretariat panitia pemilihan rektor Unima tahun 2024.

Hingga batas waktu pendaftaran dan kelangkapan berkas yang ditetapkan panitia Senin, (27/5) pukul 15.00 WITA lalu, panitia sedikitnya telah menerima berkas dari 10 orang balon rektor Unima yang umumnya berasal dari internal Unima sendiri.

Dari latar belakang pendidikan dan pengalaman akademik yang dilalui, seluruh balon rektor dipastikan memiliki peluang yang sama untuk bisa menggunakan mobnas Toyota Fortuner Type GR bernomor polisi DB 11.

Hanya saja, pengalaman akademik rupanya belum menjadi jaminan utama seseorang untuk bisa memenangkan sukses rektor tahun 2024.
Berikut politikanews.com mencoba memetakan kekuatan politik (Minus-Plus) dari masing-masing balon rektor Unima masing-masing ;

Dr. Raymond Rumampuk, M.Si
Dr. Intama Jemy Polii, M.Pd
Dr. Amstrong Sompotan, S.Si.,M.Si
Dr. Patricia Silangen, S.Si.,M.Si
Dr. Joseph Philip Kambey, MBA., Ak
Dr. Recky Harold Elby Sendouw, SP., MM., Ph.D.
Prof. Dr. Orbanus Naharia, MS
Prof. Dr. Tinneke E.M. Sumual, M.S.
Prof. Dr. Nitha Liando, M.A.,Ph.D
Dr. Aljon Dapa

Dr. Joseph Philip Kambey, MBA., Ak
Nama Dr. Joseph Philip Kambey, MBA., Ak bukanlah pendatang baru di lingkungan Pimpinan Unima. Semenjak dipercayakan menjabat Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unima oleh Rektor Prof. Dr. Deitje A Katuuk, M.Pd, Kambey terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam rangka pengembangan Fakultas.

Tak heran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unima saat ini menjadi salah satu fakultas yang mampu mengundang daya tarik calon mahasiswa saat penerimaan melalui jalur UTBK SNBK, SNBT maupun Mandiri. Belakangan nama Joseph Philip Kambey mulai mendapat dukungan sejumlah Senator Unima, termasuk para Senator Senior.

Dr. Recky Harold Elby Sendouw, SP., MM., Ph.D.
Sosok pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unima yang satu ini termasuk salah satu kandidat rektor yang patut juga diperhitungkan dalam tahapan penyaringan yang akan dilaksanakan 20 Juni 2024 mendatang.

Selain eksis dengan sejumlah prestasi hebat di FISH, Recky juga termasuk balon rektor yang lihai dalam melakukan lobi-lobi termasuk menyakinkan para Senator.

Berbekal kemampuan kepemimpinannya memimpin FISH serta back round pendidikannya, Recky belakangan mulai mendapat dukungan para Senator untuk maju bertarung dalam tahapan penyaringan 20 Juni mendatang.

Bahkan, sejumlah Senator menyampaikan bahwa, jebolan doktor luar negeri ini bisa menjadi salah satu kandidat yang akan masuk dalam 3 besar nama yang akan direkomendasi ke Kementrian.

Prof. Dr. Orbanus Naharia, MS
Pengalamannya sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Unima saat ini membuat Prof Orbanus Naharia tak asing lagi dengan kehidupan 49 Senator di lingkungan Unima.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua IKISST (Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro & Talaud) ini belakangan ikut mendapat restu dari mantan Rektor Unima Prof. Dr. Philopus Tuerah, M.Pd.

Bahkan, dihampir semua momentum tatap muka antara pimpinan Unima dengan sejumlah Pimpinan Kementrian dan lembaga di Jakarta, Prof Orbanus dan Prof Tuerah selalu bersamaan. Tak heran, dimata sejumlah Senator Unima, Prof Tuerah dikenal sebagai desainer pemenangan Prof Orbanus menuju rektor Unima periode 2024-2028 mendatang.

Prof Orbanus tidak hanya lihai dalam melakukan manuver politik dengan sejumlah elit PDIP di Sulut seperti Ketua DPC PDIP Minahasa Dr. Robby Dondokambey.

Namun, hampir seluruh pejabat esolon I di lingkungan Kementrian Ristek Dikti di Jakarta, konon memiliki kedekatan dengan pria berkulit sawo matang yang juga mantan Direktur Pasca Sarjana Unima ini.

Jika Prof Orbanus mampu mempertahankan elektabilitas dan mampu menyakinkan rektor Unima saat ini, maka bisa dipastikan Prof Orbanus juga masuk kans kuat 3 nama yang akan direkomendasi ke Kementrian di Jakarta.

Prof. Dr. Tinneke E.M. Sumual, M.S.
Selain Patricia Silangen, nama Direktur Pasca Sarjana Unima yang satu ini juga masuk salah satu Srikandi yang patut diperhitungkan dalam suksesi Unima mendatang. Selain tergolong pimpinan Unima yang cukup senior, Prof. Dr. Tinneke E.M. Sumual, M.S dinilai memiliki penilaian tersendiri dari para Senator karena jam terbangnya di dunia akademik yang sudah teruji dan terbukti.


Hanya saja, belum diketahui kelompok Senator mana yang ikut memback up Prof. Dr. Tinneke E.M. Sumual, M.S untuk bisa meraup 12-15 suara Senator dalam tahapan peyaringan yang akan dilaksanakan 20 Juni 2024 mendatang.(bersambung)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments