Friday, October 18, 2024
HomePolitik DaerahJauh Tinggalkan Kompetitor, 4 Hasil Survei Masih Tempatkan Yes-To Elektabilitas Teratas

Jauh Tinggalkan Kompetitor, 4 Hasil Survei Masih Tempatkan Yes-To Elektabilitas Teratas

SIAU-4 (Empat) lembaga survei lokal masih menempatkan pasangan calon bupati Evangalien Sasingen, SE dan calon wakil bupati Liem Hong Eng (Ci Uto) pada posisi teratas hasil survei elektabilitas dan popularitas jelang pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.


Bahkan, paslon yang diusung koalisi PDIP-Perindo Sitaro jauh meninggalkan lawan politiknya yakni CK-Hero yang diusung oleh partai Golkar, Nasdem dan Gerindra.

Dari hasil rilis yang beredar luas di medsos menunjukan, hasil survei yang dilakukan Sulutpol, paslon Yes-To berada pada angka 60 persen, sedangkan CK-Hero 38 persen. Sisahnya, 2 persen memilih tidak memberikan pendapat atau tidak tahu.

Selain Sulutpoll, Compass survei yang juga ikut merilis hal yang sama, paslon Yes-To berada pada angka 58 persen, sedangkan CK-Hero 30 persen dan sisahnya 12 persen masih menyatakan abstain.

Tidak berbeda jauh dengan 2 lembaga survei diatas, Poltracking juga masih menempatkan paslon Yes-To berada pada angka 56,5 persen, sedangkan CK-Hero 32,3 persen. Sisahnya 11 persen responden memilih tidak tahu.

Lembaga survei lokal terakhir yang ikut menempatkan paslon Yes-To pada angka tertatas adalah, Suara.com. Lembaga survei yang banyak merilis kepuasaan masyarakat Nusa Utara setiap momentum pilkada ini menempatkan Yes-To berada pada angka 65 persen, CK-Hero 30 persen, sisahnya 5 persen memilih tidak tahu.

Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut Jehezkiel Lairah, S.Sos.,M.AP menanggapi rilis survei yang disampaikan sejumlah lembaga survei mengatakan, secara fakta dilapangan memang masih paslon Yes-To menguasai lapangan, apalagi melihat mobiliasi massa yang dilakukan selang 2 pekan terakhir ini.

“Saya pikir angka yang terterah masih normatif dan wajar-wajar saja yakni dibawah 65 persen. Ini sangat rasional dan masuk akal,” jelas Lairah.(alc)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments