Thursday, September 19, 2024
HomeBerita UtamaJotje Luntungan, Mantan Sopir Angkot Pelabuhan-Terminal Ulu yang kini sudah 3 Periode...

Jotje Luntungan, Mantan Sopir Angkot Pelabuhan-Terminal Ulu yang kini sudah 3 Periode Duduki DPRD Sitaro

SIAU-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro Jotje Luntungan, SE tak hanya dikenal sebagai politisi-pengusaha di Sulut khususnya di kabupaten Sitaro.


Namun, sebelum masuk ke dunia dunia politik 15 tahun lalu, Luntungan dalam mengawali perjalanan hidupnya bersama sang istri yakni, Liem Hong Eng (Ci Uto) dikenal sebagai sopir angkot (Angkutan Kota) yang saat itu melayani penumpang dari pelabuhan Ulu Siau ke terminal Ulu Siau.

Saat itu, ayah dari caleg DPRD Provinsi terpilih Norman Luntungan, ST.,MBA ini doyan menggunakan mobil kebanggaanya jenis Mitsubisi TS 1.500 cc.

Karena saat itu arus mobilisasi penumpang kapal dari Manado menuju Siau masih sepi, tak heran pendapatan Ko Denan (Sapaan akrab Luntungan,red) dalam sehari masih sebatas hanya untuk kebutuhan makan keluarga.

“Soalnya penumpang kapal saat itu masih sangat sepi. Kapal juga masih kurang. Jadi, pendapatan hanya cukup untuk kebutuhan makan keluarga,” tutur Ci Uto mengkisahkan perjalanan hidupnya bersama suami.

Usai melayani penumpang di seputaran pusat kota Ulu (biasanya tak lebih dari jam 12.00 Wita), Ko Denan tidak langsung berhenti. Namun, mantan Ketua DPC Partai Demokrat Sitaro tersebut ikut memanfaatkan waktu yang ada untuk keliling pulau Siau, masuk-keluar kampung dengan mobil kebanggaanya tersebut untuk membeli pala (biji dan fuli pala) pada masyarakat.

“Waktu itu tidak seperti sekarang ini, penjual langsung datang ke toko. Tapi dulu, kami yang harus masuk-keluar kampung untuk membeli pala langsung pada masyarakat,” ungkap Ci Uto, yang saat itu harus stand bye berada di warung kecilnya yang hanya meminjam bekas garasi mertuanya yang terletak di kelurahan Bahu, Siau, Sitaro.

Namun, berkat keuletannya dalam menekuni profesi sebagai sopir angkot dan bisnis jual-beli pala, Ko Denan bersama istrinya mulai sukses, sampai saat ini mampu menguasai jaringan pedagang pala se pulau Siau.

“Puji Tuhan, karena kita sungguh-sungguh dalam berusaha, maka setiap usaha ada jalan keluar,” ucap Ci Uto saat diwawancarai politikanews.com tadi pagi.

Sebelum menitik karir politik di Partai Perindo Sitaro, Jotje Luntungan sebelumnya adalah Ketua DPC Partai Demokrat Sitaro. Diera kepemimpinannya saat itu, Luntungan berhasil memboyong 2 kursi ke DPRD Sitaro bersama Budi Manoi, SH.

Kini, Luntungan sudah hampir 10 tahun dipercayakan menjabat sebagai Ketua DPC Partai Perindo Sitaro. Di pemilu 2019 lalu, Perindo Sitaro sukses mendulang 3 kursi di DPRD Sitaro. Kondisi yang sama juga mampu dibuktikan Luntungan di pemilu 14 April 2024 lalu. Kali ini, Perindo sukses mempertahankan 3 kursi di DPRD Sitaro, termasuk masuknya nama Jotje Luntungan.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments