Friday, October 18, 2024
HomePolitik DaerahDisiarkan Langsung via TVRI, Yes-To Dinilai akan Tampil Lebih Unggul di Debat...

Disiarkan Langsung via TVRI, Yes-To Dinilai akan Tampil Lebih Unggul di Debat Perdana

SIAU-Calon bupati dan wakil bupati kepulauan Sitaro yang diusung PDIP dan Perindo Evangalien Sasingen, SE dan Liem Hong Eng (Ci Uto) dinilai sejumlah pihak akan unggul dalam pelaksanaan debat pilkada Sitaro yang akan dilaksanakan Rabu, (16/10) hari ini oleh KPUD Sitaro.

Selain memiliki segundang pengalaman dalam dunia pemerintahan dan bisnis, paslon yang menggunakan jargon Yes-To ini unggul juga dalam kematangan emosional, karena tingkat kedewasaan mereka.

“Pengalaman Eva Sasingen sebagai bupati kepulauan Sitaro dan Ci Uto sebagai pengusaha sukses di Siau merupakan modal utama mereka untuk tampil lebih profesional dalam debat nanti,” kata mantan Ketua DPD II Partai Golkar Sitaro Drs. Salmon Bawole Jacobus.

Menurut Jacobus, baik Eva maupun Ci Uto memiliki sejuta referensi terkait dengan tema yang direkomendasikan oleh KPUD maupun panelis, khususnya hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan berwawasan lingkungan berbasis sektor perikanan dan kebaharian.

“Konsep pembangunan Yes-To itu jelas dan terukur dan mereka pernah menjalankannya di Sitaro. Kalau yang lain masih sebatas konsep tapi belum pernah membuktikan,” ungkap Jacobus.

Hal senada juga disampaikan Joni Manope, tokoh muda asal Tagulandang. Kepada media ini Manope mengatakan, meskipun durasi waktu yang disiapkan oleh KPUD hanya 2,5 jam, namun Yes-To diyakini mampu tampil maksimal dalam debat yang rencananya akan dilaksanakan di Ondong Siau tersebut.

“Kematangan emosional Yes-To dalam kampanye selama ini sudah terbukti. Jadi, saya optimis, Yes-To akan unggul jauh dalam debat sore nanti,” jelas Manope.

Komisioner KPUD Sitaro Fidel Malumbot, S.Sos saat dihubungi mengatakan, durasi waktu yang akan disiapkan dalam debat nanti hanya 2,5 jam, yang terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, masing-masing paslon akan menyampaikan program kerja mereka. Kemudian sesi kedua, masing-masing mendengarkan pertanyaan yang akan disampaikan panelis.

“Dan sesi yang ketiga masing-masing paslon akan saling bertanya,” kata Malumbot.

Lanjut Malumbot, untuk memudahkan jangkauan masyarakat Sitaro untuk menyaksikan acara tersebut, maka pihaknya sudah menyiapkan beberapa canel untuk bisa di akses oleh masyarakat diantaranya, Live TVRI dan account Facebook dan Youtube milik KPUD Sitaro sendiri.

“Warga Sitaro yang tidak sempat menyaksikan langsung acara tersebut karena dibatasi, bisa juga menyaksikan debat kali ini dengan mengakses alamat diatas,” ujar Malumbot yang juga mantan Ketua Bawaslu Sitaro ini.(alcri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments