Sunday, April 21, 2024
HomeBerita UtamaJanis-Bogar-Bawole Bersaing Ketat Rebut Ketua DPRD Sitaro, Pengamat ; Peran Dokter Andi...

Janis-Bogar-Bawole Bersaing Ketat Rebut Ketua DPRD Sitaro, Pengamat ; Peran Dokter Andi Sangat Menentukan

SIAU-PDIP Sitaro dipastikan masih akan menguasai mayoritas kursi di DPRD Sitaro. Berdasarkan hasil hitungan real count KPU pemilu 2024 Kamis, (22/02) pukul 23.00 WITA kemarin, PDIP diprediksi masih tangguh mempertahankan 11 kursi pada pemilu 14 Febaruari 2024 lalu.


Wajah-wajah lama yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPRD Sitaro masih merajai perolehan suara di pemilu 14 Februari 2024 lalu, termasuk Ketua DPRD Sitaro saat ini Jhon Janis, SH.

Bendahara DPC PDIP Sitaro ini berdasarkan hasil hitungan real count KPU pemilu 2024, ikut memperoleh suara terbanyak di dapil II yang meliputi kecamatan Siau Timur dan kecamatan Siau Timur Selatan.

Perolehan suara Janis tercatat masih mendominasi 7 caleg yang terdaftar di dapil yang dikenal dengan dapil ‘neraka’ ini.

Real count KPU RI menunjukan Janis ikut memperoleh 1248 suara, disusul istri Sekda kabupaten Sitaro Pricilia Bawole yang sukses mendulang 1.370 suara.

Sedangkan suara ketiga terbanyak ikut ditempati oleh mantan Sekda kabupaten kepulauan Sitaro Drs. Heery Bogar dengan perolehan 1.037 suara.


Dari hasil hitungan sementara KPU RI menunjukan, di dapil II PDIP dipastikan akan menyumbang 3 sampai 4 kursi ke DPRD Sitaro. Kondisi yang sama berlaku di dapil I yang meliputi kecamatan Siau Barat, Siau Barat Selatan, Siau Tengah dan Siau Barat Utara.

Di dapil ini, PDIP diprediksi juga akan menyumbang 2 sampai 3 kursi ke DPRD Sitaro. Sayangnya, salah satu pentolan PDIP di dapil ini yakni mantan Wakil Bupati Sitaro Drs. Jhon Palandung, M.Si masih belum beruntung di dapil ini.

Suara mantan Assisten I Setprov Sulut ini baru mengumpulkan 556 suara dan dipastikan tidak bisa merebut kursi ke DPRD Sitaro.

Menariknya, meskipun PDIP Sitaro sukses mempertahankan 11 kursi ke DPRD Sitaro, namun, proses penentuan ketua DPRD Sitaro pasca pelantikan nanti dipastikan akan sengit.

Wajah-wajah pendatang baru di PDIP yang sukses meraih kursi di pemilu 14 Febaruari 2024 lalu seperti mantan Sekda Sitaro Drs. Herry Bogar, M.Si dan mantan Ketua KPUD Sitaro Pricilia Bawole dipastikan akan berpeluang.

“Semua tergantung keputusan Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey,” cetus fungsionaris PDIP Joni Opo Manope.

Menurut Manope, selain Ketua DPD PDIP Sulut, nama Ketua DPRD Provinsi Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen juga ikut memiliki andil dalam menentukan Ketua DPRD Sitaro nanti.

“Pertimbangan politik dari dokter Andi pasti akan didengar oleh pak Olly Dondokambey mengingat dokter Andi sukses mendulang suara terbanyak di dapil ini ke DPRD Sulut.

“Kita lihat saja, yang pasti peran dua sosok diatas sangat menentukan terpilihnya ketua DPRD Sitaro,” ujar Manope.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments