Saturday, July 20, 2024
HomeBerita UtamaNyaman dengan Rini Tamuntuan, PDIP Beri Sinyal Kuat Maju di Pilkada Sangihe

Nyaman dengan Rini Tamuntuan, PDIP Beri Sinyal Kuat Maju di Pilkada Sangihe

TAHUNA-Penjabat Bupati Sangihe dr. Rini Tamuntuan hampir dipastikan akan mendapat rekomendasi DPP PDIP untuk maju dalam pilkada Sangihe November 2024 mendatang.

Meskipun menyandang status Penjabat kepala daerah, namun, kakak kandung First Lady Sulut Ir. Rita Tamuntuan ini dinilai sejumlah pihak sukses dalam memimpin kabupaten Sangihe. Berbagai aspresiasi dan reward terus disampaikan kepada dokter Rini.

“Selain Sangihe banjir dana APBN, kondisi stabilitas politik di Sangihe diera dokter Rini benar-benar kondisif,” ucap Michale Medelu, SH, mahasiswa Pasca Sarjana Unsrat.

Alumni SMA Negeri 1 Tahuna ini mengatakan, uji petik terhadap kesuksesan dokter Rini Tamuntuan dalam membangun kabupaten Sangihe sudah dibuktikan saat dokter Fransiskus Andi Silangen sukses meraih suara terbanyak dalam pemilu 14 Februari 2024 baru-baru.

“Suara dokter Andi sudah melambangkan kekuatan politik dokter Rini Tamuntuan di pilkada November 2024 mendatang, meskipun butuh penyatuan kembali seluruh kekuatan politik di Sangihe,” ujar Medelu.

Hasil pleno rekapitulasi perolehan suara KPUD kabupaten Sangihe pasca pemilu 14 Februari 2024 baru-baru memang menunjukan capaian perolehan kursi PDIP di DPRD Sangihe memang tak sehebat dengan sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sulut.

Meskipun dinyatakan sebagai partai peraih perolehan kursi terbanyak di DPRD Sangihe, namun, dari 25 kursi yang tersedia di DPRD Sangihe, PDIP hanya mampu meraih 6 kursi atau 24 persen.

Perolehan kursi PDIP hanya selisih tipis dengan beberapa partai politik diantaranya Nasdem (5 kursi) dan Golkar (4 kursi).

Sedangkan, 10 sisa kursi lainnya dibagi rata untuk Demokrat (2 kursi), Gerindra (2 kursi), Perindo (3 kursi), Hanura (1 kursi) dan PKB (2 kursi). Jika melihat komposisi perolehan kursi partai politik di DPRD Sangihe hasil pemilu 14 Februari 2024 baru-baru, maka, potensi PDIP untuk melakukan koalisi di pilkada Sangihe November 2024 mendatang sangat terbuka.

“Bisa dengan Nasdem atau dengan Golkar. Semua tergantung dial politik,” tutup Medelu.

Suport politik PDIP terhadap Rini Tamuntuan untuk maju di pilkada Sangihe semakin gencar, ketika sejumlah APK (Alat Peraga Kampanye) seperti stiker dan flyer bergambarkan Rini Tamuntuan mulai beredar luas.

Bahkan, sejumlah komunitas rekawan Rini Tamuntuan mulai di deklarasikan sejumlah elemen masyarakat.(maxi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments