Friday, May 24, 2024
HomeBerita UtamaLiem Hong Eng, Pengusaha Sukses Berkelas yang Masuk Deretan Cabup Sitaro Terkuat

Liem Hong Eng, Pengusaha Sukses Berkelas yang Masuk Deretan Cabup Sitaro Terkuat

SIAU-Sosok Liem Hong Eng alias Ci Uto sepertinya menjadi penantang baru di pilkada Sitaro 27 November 2024 mendatang.

Bermodalkan perolehan 3 kursi Perindo hasil pemilu 14 Februari 2024 baru-baru, Perindo hanya membutuhkan tambahan 1 kursi untuk bisa mengusung calon bupati dan calon wakil bupati.


Di mata masyarakat Sitaro, Ci Uto memang bukanlah sosok politisi aktif yang sukses berkecimpun di DPRD Sitaro maupun orgnisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

Namun, ketokohan Ci Uto tak pernah lepas dari ketokohan sang suami Joutje Luntungan, SE yang selang 3 periode sukses meraih kursi di DPRD Sitaro, termasuk pada hasil pemilu 14 Februari 2024 baru-baru melalui Perindo.

Popularitas Ci Uto kian melejit juga ketika ikut mengambil bagian untuk memuluskan putra satu-satunya yakni Norman Luntungan, ST melenggang mulus ke DPRD Sulut hasil pemilu 14 Februari 2024.

Hasil Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara KPUD Provinsi Sulut 11 Maret 2024 lalu secara resmi menepatkan Partai Perindo sebagai pemilik sah kursi ke 5 dari dapil Nusa Utara.

Norman sukses mendulang 11.559 suara dari dapil Nusa Utara, dan 9.026 suara berasal dari kabupaten kepulauan Sitaro.

Keberhasilan Joutje Luntungan dan Norman Luntungan di pemilu 14 Februari 2024 baru-baru dipastikan tak lepas dari peran politik Ci Uto.

“Hampir semua bantuan sosial ke masyarakat semuanya diekseskusi oleh Ci Uto. Banyak masyarakat justru lebih mengenal Ci Uto ketimbang suami atau anaknya,” tutur Janer Papia, warga Tarorane.

Lanjut Janer, meskipun bukan politisi atau birokrat, namun, seanteru masyarakat Sitaro pasti mengenal Ci Uto.

“Bukan orang Siau kalau ndak kenal Ci Uto. Kenapa ? Hampir semua petani pala di Siau pasti menjual pala mereka ke Ci Uto,” tambah Fransisko Madonsa, warga kampung Beong, kecamatan Siau Tengah, Sitaro.

Dihubungi di sela-sela kesibukannya melakukan transaksi jual beli pala di salah satu toko di kawasan kelurahan Tarorane, Ulu, Siau, Kamis, (11/4) pagi ini, Ci Uto ternyata merupakan sosok yang familiar dan bersahabat.

“Sabar ne masih di toko,” kata pengusaha sukses berkelas di Sitaro bahkan Sulut ini.

Belakangan nama Ci Uto mulai disandingkan dengan Fenny Togelang, mantan wakil ketua DPRD Sitaro yang juga masuk dalam deretan pengusaha sukses berduit di Sitaro.

“Kalau paket ini memang serius, maka pilkada Sitaro akan menjadi pilkada terpanas di Sulut karena pertarungan para pengusaha sukses,” ungkap Joni Manope, salah satu pemerhati sosial kemasyarakatan di Sitaro.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments