Friday, May 24, 2024
HomeBerita UtamaProfil Liem Hong Eng, Perempuan Keturunan, Lahir dan Besar di Siau yang...

Profil Liem Hong Eng, Perempuan Keturunan, Lahir dan Besar di Siau yang Didorong Pimpin Sitaro

SIAU-Dimata masyarakat Siau, sosok Liem Hong Eng tidak hanya dikenal sebagai sosok Perempuan Pengusaha eksportir komoditi pala maupun distributor utama sejumlah bahan bangunan seperti, semen.


Namun, istri dari Wakil Ketua DPRD Sitaro Joutje Luntungan, SE ini ternyata merupakan sosok perempuan pekerja keras yang lahir dan besar di pulau Siau.

Tak heran, sejak dari tahun 1960-an, perempuan yang akrab di sapa masyarakat Sitaro Ci Uto ini sudah menetap di Siau. “Waktu itu kapal ke Siau masih kapal kayu dan pelayaran ke Siau dari Manado masih membutuhkan waktu sehari semalam,” tutur Ci Uto.

Meskipun menyandang status sebagai pengusaha, namun, ibu dari Caleg terpilih DPRD Sulut dari Partai Perindo dapil Nusa Utara Normans Luntungan, ST, MBA ini, ternyata sempat mengeyam pendidikan sarjana muda dari salah satu PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Surabaya, Jatim.

Makanya, kemampuan manajemen bisnis Ci Uto di mata sejumlah elit-elit politik di kabupaten Sitaro jauh diatas rata-rata.

“Dimata saya kemampuan manajerial bisnis Ci Uto itu jauh melebihi bupati maupun wakil bupati Sitaro sebelumnya. Saya pribadi menyatakan salut dengan kemampuan bisnisnya,” kata Ketua DPC Partai NasDem Kabupaten Kepulauan Sitaro Sumitro Jacobus.

Disibukan dengan rutinitas bisnis sehari-hari di Siau, tak membuat Ci Uto mengabaikan kehidupan sosial kemasyarakatannya. Hampir di setiap acara duka di Siau, pasti dihadiri alumni SMA Negeri 1 Ulu Siau tersebut.

“Keluarga ini termasuk keluarga taat beribadah dan suka beradaptasi dengan masyarakat Siau. Makanya di acara duka dimanapun di seputaran Ulu Siau maupun sekitar pasti ada Ci Uto,” urai Jener David, warga Ulu Siau.

Nama Ci Uto semakin populis ketika menjadi salah satu eksekutor dalam penyaluran bansos milik pribadi untuk masyarakat jelang pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Meskipun tidak dalam struktur organisasi Partai Perindo, namun, Ci Uto merupakan satu-satunya sosok dimata masyarakat yang ikut memuluskan perjalanan politik sang suami Joutje Luntungan, SE melangang mulus ke DPRD Sitaro untuk ketiga kali, dan putra bungsu Normans Luntungan, ST, MBA ke DPRD Sulut pada pemilu 14 Februari 2024 lalu.(maxi/bersambung)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments