Thursday, September 19, 2024
HomePolitik DaerahLiem Hong Eng, Pengusaha Paling Berpengaruh di Siau, yang Mahir dalam Berpolitik

Liem Hong Eng, Pengusaha Paling Berpengaruh di Siau, yang Mahir dalam Berpolitik

SIAU-Jika dilihat sepintas, sosok Lem Hong Eng atau yang biasa disapa Ci Uto adalah sosok perempuan sederhana, jarang menyampaikan pendapat di publik termasuk media cetak.

Namun, perempuan kelahiran Ulu Siau ini ternyata, termasuk salah satu pengusaha yang paling berpengaruh di pulau Siau. Kenapa dikatakan paling berpengaruh, konon, diketahui jaringan dagang Ci Uto belakangan hampir menguasai 6 kecamatan di pulau Siau termasuk pulau terluar yakni Makalehi.


Sebagian besar pedagang warung maupun toko di seluruh kampung/kelurahan di pulau Siau ternyata punya ikatan emosional khusus dengan wanita lulusan SMP dan SMA di Ulu Siau ini. “Di kampung saya saja, seluruh pemilik warung mengenal Ci Uto dan mereka punya kerja sama khusus dan ini sudah terjalin cukup lama,” tutur Tokoh masyarakat Sitaro Dr. Paulus Tamaka, M.Pd.

Mantan Kepala Badan Diklat Sulut ini mengatakan, hubungan kerja sama secara spontan yang terbangun antara Ci Uto dengan para pemilik warung di kampung-kampung itulah yang membuat elektabilitas Ci Uto semakin meroket belakangan ini.

“Mereka itu sudah membangun kerja sama bertahun-tahun, dan mereka merasa sangat nyaman dengan Ci Uto,” ungkap Tamaka, satu-satunya mantan Pejabat esolon II Provinsi Sulut asal Nusa Utara yang lolos dalam seleksi jabatan fungsional, sehingga bisa pensiun di usia 65 tahun.

Berkat jaringan dagang yang menguasai 6 kecamatan di pulau Siau dan kemampuan modal yang dimiliki Ci Uto, membuat mama dari caleg DPRD Sulut terpilih Norman Luntungan, ST.,MBA ini, termasuk salah satu pengusaha paling berpengaruh di pulau Siau.

“Kalau mau jujur, kemampuan modal Ci Uto ini sudah lebih dari cukup dan harus diakui bahwa, banyak pengusaha di Siau juga sering memohon bantuan ke Ci Uto,” ucap sumber resmi media ini.

Kelihaian Ci Uto tak hanya di dunia bisnis. Namun, harus diakui juga bahwa, perempuan jebolan D III Akuntansi STIE Mahardhika Surabaya ini, termasuk sutradara utama pemenangan Partai Perindo Sitaro yang dalam pemilu 14 April 2024 baru-baru sukses memboyong 3 kursi di DPRD Sitaro. Mulai dari konsolidasi dilapangan sampai skenario pemenangan, semuanya tak luput dari buah pemikiran Ci Uto.

“Makanya, kalau hanya job (Jabatan,red) wakil bupati, kemampuan Ci Uto sudah lebih dari cukup. Pengalaman beliau itu segudang,” ujar Joni Manope, tokoh masyarakat Tagulandang.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments