Wednesday, September 18, 2024
HomeBerita UtamaJelang Masa Jabatan Rektor Unima Berakhir, Prof Palengkahu ; Kita Legowo Saja...

Jelang Masa Jabatan Rektor Unima Berakhir, Prof Palengkahu ; Kita Legowo Saja Siapa Plt yang Nantinya akan Ditunjuk Mas Menteri

TONDANO-Anggota Senat Universitas Negeri Manado (Unima) Prof. Dr. Noldi Palengkahu, M.Pd mengatakan, peluang Unima akan dipimpin oleh Plt (Pelaksana Tugas) rektor sangat terbuka jelang masa akhir jabatan rektor saat ini Prof. Dr. Deitje Katuuk, M.Pd yang akan berakhir 08 September 2024 mendatang.

“Sudah pasti akan ada Plt rektor Unima,” kata Palengkahu saat bersua dengan politikanews.com akhir pekan lalu.

Menurut Palengkahu, salah satu indikator perlunya Plt rektor Unima lebih disebabkan karena agenda pemilihan rektor yang sampai saat ini belum tuntas.

“Karena deadline masa akhir jabatan rektor (Prof Katuuk , maksudnya) tinggal beberapa hari lagi, maka waktu yang ada sudah tidak mungkin akan dilaksanakan tahapan pemilihan rektor Unima periode 4 tahun mendatang.

Tak hanya itu, keluarnya surat Dirjen Dikti Ristek nomor 533/E.61/KP.15/2024 tertanggal 29 Juli 2024 semakin memastikan bahwa tahapan pilrek kedepan butuh legalitas yang cukup selektif, termasuk soal legalitas keanggotaan beberapa anggota senat.

“Karena Unima ini berada dibawah Kementrian Ristek & Dikti sebaiknya kita taat aturan dan hukum saja. Kenapa demikian, supaya kepercayaan publik terhadap Unima akan terjaga dengan baik,” ungkap Palengkahu yang juga mantan Pembantu Rektor IV Unima ini.

Dosen Unima yang cukup lama berkiprah di sejumlah Kementrian di Jakarta ini juga mengatakan, soal kewenangan penetapan siapa Plt rektor Unima kedepan nantinya menjadi tugas dari Kementrian Ristek & Dikti di Jakarta.

“Ini domainnya Mas Manteri Nadiem Makarim di Jakarta. Kita legowo saja siap yang nantinya akan ditunjuk dan ditetapkan. Yang pasti tupoksi Plt adalah hanya melaksanakan agenda pemilihan rektor,” ucap Guru besar Unima yang dikenal dengan rambut putihnya ini.

Tahapan pemilihan rektor Unima periode 2024-2028 sampai saat ini masih belum bisa dilaksanakan. Dirjen Dikti sesuai surat yang dikirimkan kepada Ketua Senat Unima baru-baru secara resmi menugaskan bahwa, proses pemilhan rektor Unima diulang kembali pada tahapan penjaringan dengan memperhatikan beberapa persyaratan teknis dan mendasar.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments