Monday, September 16, 2024
HomeNusa Utaradr. Rini Tamuntuan Dimata Warga Mangsel, Gahgana : Kami Rindu Prestasi Hebat...

dr. Rini Tamuntuan Dimata Warga Mangsel, Gahgana : Kami Rindu Prestasi Hebat Tamuntuan Dilanjutkan

TAHUNA-Dua tahun diberikan mandat oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE untuk menjadi Penjabat Bupati Sangihe sepertinya tidak hanya diisi dengan kegiatan seremonial pemerintahan semata.


Namun, selama 2 tahun memimpin kabupaten Sangihe, dr. Rini Tamuntuan boleh dikata satu-satunya penjabat kepala daerah di Sulut bahkan di Indonesia yang terbilang sukses dalam mempercepat pembangunan daerah di wilayah perbatasan.

Di tahun pertama pemerintahannya di kabupaten Sangihe, dr Rini Tamuntuan sukses dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kategori Rumah Sakit Tipe D Pratama. Hal itu dibuktikan ketika dirinya menerima BPJS Award tahun 2022 bagi Rumah Sakit Umum Liung Paduli.

Tak hanya itu, jebolan Fakultas Kedokteran Unsrat ini juga dinilai sukses dalam Peningkatan SDM Kesehatan. Terbukti, diterimanya penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Terbaik Tingkat Nasional tahun 2022, dengan kategori dokter Gigi Puskesmas Pengabdian di Wilayah Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) dan penghargaan Tenaga Kesehatan Tingkat Provinsi kategori Apoteker Teladan tahun 2022.

“Sebagai masyarakat di kepulauan, kami benar-benar merasakan adanya sentuhan di bidang kesehatan. Tenaga dokter dan perawat terus bertambah, kami pun kita tak perlu harus rujuk ke Manado jika dalam keadaan darurat,” kata Lexi Gahgana, warga kampung Batunderang, Kecamatan Manganitu Selatan.

Menurut Lexi, meskipun hanya 2 tahun menjadi Penjabat Bupati Sangihe, namun, sentuhan pembangunan di berbagai aspek yang dilakukan dr Rini Tamuntuan terasa seperti 5 tahun atau 1 periode. “Bukan hanya di bidang kesehatan, tapi disemua bidang termasuk pembangunan sarana infrastruktur lainnya seperti jalan maupun sekolah,” ungkap Lexi.

Di bidang pengembangan budaya dan kesenian, dr. Rini Tamuntuan satu-satunya kepala daerah yang bukan lahir dan dibesarkan di Sangihe, namun, mampu mengangkat budaya Sangihe seperti masamper ke level nasional.

“Masamper & Tagonggong sudah ada hak cipta. Mana pernah dilakukan kepala daerah sebelumnya di Sangihe,” ucap Lexi, menutup percakapan tadi malam.

DPP PDIP sebelumnya telah menetapkan dr. Rini Tamuntuan dan Mario Seliang, SE untuk bertarung di pilkada kabupaten Sangihe. Tamuntuan dan Seling direncanakan akan mendaftar ke KPUD Sangihe pada 29 Agustus 2024 sekaligus dengan pelaksanaan deklarasi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.(msi)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments